Home News Intip Penampakan CShell di Windows 10 Mobile (Video)

Intip Penampakan CShell di Windows 10 Mobile (Video)

Salah jika ada yang bilang bahwa Windows 10 Mobile sudah berakhir

Images via Windows Central

Beberapa waktu yang lalu Microsoft tanpa sengaja merilis build Windows 10 Mobile yang telah mengusung CShell atau Composable Shell. CShell sendiri merupakan tampilan alias Windows Shell yang membawa UI layaknya di Windows 10 PC. Tampilan CShell ini kelak akan diterapkan di seluruh perangkat Windows 10 sehingga memiliki tampilan senada. Zac Bowden dari Windows Central berhasil mendapatkan dan menerapkan build yang bocor ini. Berikut tampilan terbaru Windows 10 Mobile dengan CShell

Dari Start/Home Windows 10 Mobile, tampilannya jadi sama seperti di Windows 10 PC. Mulai dari menu untuk mengatur ukuran tiles, mengaktifkan atau menonaktifkan tiles, hingga menyematkan tiles dari app list, semuanya sama seperti yang di PC. Kemudian, Action center juga tidak ketinggalan. Opsi notifikasi, hingga quick setting, sama persis seperti yang ada di Windows 10 PC. Dan yang terakhir, hadirnya mode landscape di halaman awal.

Perubahan berikutnya terlihat saat masuk mode Continuum. Kali ini, justru start menunya beda jauh dari Windows 10 PC, namun sama persis seperti saat mode biasa. Namun, kini kamu bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus langsung dari smartphonemu melalui layar eksternal. Tampilan Fluent Design juga tak berkurang secuilpun, sama seperti versi UWP desktop. Sayang aplikasi berbasis Silverlight tidak bisa lagi digunakan. Whatsapp misalnya, ketika men-tap aplikasi tersebut, tidak akan terjadi apa-apa.

Dibawanya CShell ke Windows 10 Mobile merupakan perubahan besar untuk Windows 10 Mobile yang beberapa tahun kebelakang ini belum mendapatkan sesuatu yang ‘Wow’. Perlu diingat tampilan ini berdasarkan build yang ‘bocor’ jadi merupakan versi paling awal. Bisa jadi besok-besok akan ada perubahan lagi.

Namun, nampaknya update kali ini hanya akan hadir pada W10M dengan spesifikasi flagship saja, mengingat CShell bukan sekedar fitur kecil dan berperan sebagai kunci untuk Windows 10 Mobile di masa depan. Bagaimana menurutmu? Bagikan pula pendapatmu disini yak! :)

via Windows Central

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.