Home News Windows 10 ARM Bukan untuk Windows Phone

Windows 10 ARM Bukan untuk Windows Phone

Windows 10 Mobile tetap menjadi andalan Microsoft untuk OS smartphone.

Microsoft Tengah Menyiapkan Perangkat Mobile Berbasis Windows 10 ARM

Bagi kamu yang belum tahu, Microsoft saat ini tengah mengembangkan Windows 10 ARM, sebuah sistem operasi full Windows 10 yang bisa berjalan di perangkat mobile berbasis ARM. (Baca: Seperti Inilah Kemampuan PC Windows 10 ARM)

Dipadukan dengan CSHELL yang membuat Windows 10 ARM tampil mulus di berbagai ukuran layar, termasuk di layar seukuran smartphone, mudah bagi kita untuk berharap bahwa inilah OS mobile selanjutnya dari Microsoft. (Baca: Intip Penampakan CSHELL di Windows 10 Mobile)

Tetapi ternyata tidak demikian. Melalui Mixer Broadcast Windows Insider (menit 47:20), Joe Belfiore menyatakan bahwa:

Windows 10 ARM dibuat untuk menghadirkan experience PC di perangkat ARM, sehingga bisa terhubung sepanjang waktu dengan keawetan beterai tinggi. Jadi experiencenya adalah desktop PC experience, bukan experiance smartphone. Untuk experience smartphone di ARM, kami punya Windows 10 Mobile. Apa yang ada di Windows 10 ARM adalah desktop experience dengan keawetan baterai tinggi yang merupakan kelebihan dari perangkat berprosesor ARM.

Dari pernyataan tersebut jelas bahwa Microsoft tetap konsisten menjadikan Windows 10 Mobile sebagai sistem operasi untuk Windows Phone (smartphone). Sedangkan Windows 10 ARM sendiri difokuskan untuk perangkat produktivitas lain seperti tablet dan laptop yang berbasis ARM.

Joe Belfiore juga memastikan bahwa Windows 10 ARM ini tidak akan dirilis ke perangkat Windows Phone saat ini, termasuk Lumia 950 dan Lumia 950 XL misalnya.

Satu hal lagi yang menarik adalah saat mengembangkan software ARM, tidaklah mudah untuk meletakkannya di perangkat lain. OS akan terus terhubung dengan BSP (Board Support Package), dan seperti itulah software berkomunikasi dengan SoC. Ada hal khusus yang harus dikerjakan agar OS bisa berkomunikasi dengan BSP, dan berkomunikasi dengan SoC. Jadi ini tidak seperti di ekosistem PC dimana kami mengembangkan OS di binary yang sama, lalu bisa berjalan di berbagai macam PC. Di perangkat ARM dengan SoC, anda harus lebih spesifik menargetkannya. Jadi inilah yang menjadi sebab kami lebih sulit dalam merilis update ke berbagai perangkat ARM. Semuanya berbeda, membutuhkan waktu, dan seiring dengan semakin sedikitnya orang yang menggunakannya, sangat disayangkan kurang masuk akal bagi kami untuk menginvestasikan lebih banyak waktu dan energi disana.

Pada intinya, Windows 10 ARM tidak dibuat Microsoft untuk menggantikan Windows 10 Mobile, atau menghadirkan experience full PC ke Windows Phone. Tetapi OS tersebut dibuat untuk menghadirkan experience PC di perangkat ARM yang hemat baterai. Lumia 950 dan perangkat Windows Phone lain yang ada saat ini juga akan tetap menggunakan Windows 10 Mobile.

Tetapi ini bukan berarti Microsoft tidak akan menghadirkan hal baru di ranah ponsel ya. Rumor terbaru menyatakan bahwa Microsoft tengah mengerjakan smartphone baru dengan OS baru yang beda dari Windows 10 Mobile saat ini. Kabarnya smartphone baru dengan OS baru ini akan mulai muncul dan diperkenalkan awal tahun depan. (Baca: Pantang Menyerah, Microsoft Segera Rilis Smartphone dengan OS Baru!)

Sedangkan Windows 10 ARM sendiri bakal dijadikan sebagai OS tablet dan laptop yang menggunakan prosesor ARM — seperti Snapdragon 835 misalnya — yang akan mulai dirilis pada akhir tahun ini.

via windowscentral

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.