Home PC Cara Membuka Banyak Aplikasi Hanya dengan Sekali Klik

Cara Membuka Banyak Aplikasi Hanya dengan Sekali Klik

Cara Membuka Banyak Aplikasi dengan Sekali Klik

Bagi kamu yang memiliki aktivitas rutin di depan komputer, pastinya kamu akan menjalankan aplikasi yang sama. Misalnya aja bagi seorang programmer website, yang selalu berkutat dengan aplikasi editor seperti sublime atau notepad++, Xampp, dan browser. Oiya, jangan melupakan databasenya juga ya, seperti MySQL maupun Oracle. Tentunya membuka satu persatu aplikasi tersebut jelas tidak menghemat waktu.

Nah, agar lebih efisien, WinPoin akan membagikan sedikit trik buat kamu yang ingin cara instan!. Berikut trik untuk membuka banyak aplikasi di Windows hanya dengan sekali klik. Langsung praktekin, ya!

1. Buka Notepad, dan salin lokasi folder aplikasi yang ingin kamu buka bersama. Kamu bisa mengeceknya di start menu ataupun shortcut dengan cara klik kanan lalu pilih Properties. Pada form Target itulah lokasi dari aplikasi tersebut. Dalam trik ini, WinPoin menggunakan aplikasi Mozilla Firefox, Notepad++, Xampp dan sqldeveloper. Kamu bisa mengganti aplikasi sesuai keinginanmu.

Cara Membuka Banyak Aplikasi Hanya dengan Sekali Klik

 

2. Buat file batch dengan script seperti di bawah ini:

Cara Membuka Banyak Aplikasi Hanya dengan Sekali Klik

Kamu tinggal mengganti lokasi folder diatas dengan lokasi aplikasi yang kamu inginkan. Jika kamu ingin tahu gimana script itu bisa berjalan, berikut penjelasannya:
@echo off
Karena file batch merupakan perintah command line, maka @echo off merupakan perintah agar command prompt tidak muncul ketika file batch dijalankan.

cd “C:\Program Files\Mozilla Firefox”
Perintah yang digunakan untuk membuka folder aplikasi.

start firefox.exe
Setelah berada di dalam folder aplikasi, eksekusi aplikasi tersebut dengan perintah start nama-program.exe

exit
Ketika semua aplikasi telah dibuka, jangan lupa untuk mengakhiri proses dengan perintah exit.

 

3. Jangan lupa simpan dengan ekstensi .bat, ya?. Jika sudah, langsung eksekusi file tersebut dan tunggu beberapa saat. Maka, aplikasi yang kamu pilih akan membuka secara bersamaan.

Oiya, sedikit saran, sebaiknya jangan terlalu banyak untuk menambah list aplikasi ke dalam scriptnya, ya?. Karena hanya akan menambah beban RAM, jadinya kinerja komputer semakin lambat, deh!.

Jika kamu sudah menerapkan trik diatas, bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya?

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

“You can if you think you can” | Computer Science Student