Home Editorial Microsoft ‘Andromeda OS’: Satu Windows untuk Semua Gadget

Microsoft ‘Andromeda OS’: Satu Windows untuk Semua Gadget

Behind the Scene: Di Lab Inilah Berbagai Seri Microsoft Surface Dikembangkan (Video)

Akhirnya Microsoft kembali fokus ke mobile, setidaknya ini desas-desus yang tengah berhembus. Microsoft dikabarkan tengah mengerjakan project besar dengan codename internal Andromeda OS untuk menjadikan Windows 10 lebih modular dan bisa diinstall di berbagai gadget, termasuk phone, PC, smartwatch, dsb. (Baca: Pantang Menyerah, Microsoft Akan Rilis Smartphone dengan OS Baru)

Seperti yang kita tahu Windows sudah berusia lebih dari 30 tahun, dan didalamnya ada banyak fungsi dan komponen tua yang sudah tidak dibutuhkan lagi saat ini. Di era yang perkembangan teknologi gadget semakin cepat, Windows dianggap terlalu tua dan berat untuk bisa beradaptasi di perangkat modern saat ini, terutama perangkat mobile yang dengan cepat terus bermunculan (smartwatch, smartphone, dsb).

Karena sadar akan hal itulah Microsoft dikabarkan memulai project monumental Andromeda OS ini. Andromeda OS dikabarkan akan menjadikan Windows 10 sebagai OS yang benar-benar universal, bisa dijalankan di berbagai macam device, berbagai macam arsitektur, serta bersifat modular — jadi satu OS untuk semua gadget, dimana saat diinstall akan otomatis menanamkan komponen yang hanya dibutuhkan oleh perangkat itu saja.

Misalnya saja saat Windows 10 diinstall di smartwatch, dan hanya menginstall komponen yang dibutuhkan oleh smartwatch saja. Begitu pula saat diinstall di smartphone. Jadi kedepannya kamu tidak lagi memerlukan Windows 10 Mobile, Windows 10 PC, Windows 10 untuk ARM, atau Windows 10 IoT. Hanya ada satu OS untuk semua device: Windows 10.

Tujuannya satu: kecepatan dan efisiensi. Microsoft ingin Windows 10 bisa cepat beradaptasi di perkembangan device yang begitu cepat, serta bisa lebih cepat dan efisien juga dalam menanamkan fitur baru.

Apa Bedanya dengan Windows 10 Saat Ini?

Meskipun Windows 10 saat ini bisa berjalan di berbagai jenis perangkat (ponsel, PC, console, dsb), tetapi sebenarnya masing-masing OS tersebut berbeda. Kita ambil saja contoh Windows 10 Mobile dan Windows 10 PC. Keduanya memang berbagi komponen OneCore seperti UWP dan store yang sama, tetapi OS nya sebenarnya dua OS yang berbeda. Misalnya saja komponen Win32 spesifik untuk Windows 10 PC saja dan tidak ada di Mobile. Nah, Andromeda OS ingin membuang batas perbedaan tersebut dan membuat satu Windows 10 bisa diinstall di semua perangkat — Windows 10 yang benar-benar universal dan modular.

Kabarnya Andromeda OS ini bakal siap di tahun 2018 nanti. Dikombinasikan dengan CShell, Windows 10 hasil dari project Andromeda OS diharapkan bakal menjadi sistem operasi universal untuk semua perangkat.

Dan secara teori, jika memang Microsoft jadi merilis Surface Mobile / Surface Phone di tahun 2018, maka OS nya bukanlah Windows 10 Mobile, melainkan Windows 10 dari Andromeda OS ini.

via windowscentral

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.