Home Tutorial Cara Mengoptimalkan Speaker pada Lumia 950

Cara Mengoptimalkan Speaker pada Lumia 950

Jika kamu membaca artikel saya tentang review Lumia 950, maka salah satu kelemahan dari flagship Windows 10 Mobile paling akhir produksi Microsoft ini adalah dari sisi audio. Selain speaker yang ‘kurang nyaring’ dan letaknya sangat janggal, di sebelah kamera (yang dari segi desain kurang estetik), Lumia 950 menurut saya juga memiliki chip audio yang berada setingkat di bawah Lumia 1020 dan Lumia 930, flagship sebelumnya.

Gambaran kualitas audio Lumia 950, kurang lebih seperti ini:

Dari berbagai eksperimen yang dilakukannya, blogger penggemar Windows Phone Steve Litchfield mengajukan solusi untuk memaksimalkan kualitas speaker pada Lumia 950 ini. Sebenarnya triknya cukup sederhana, yaitu hanya memainkan Equalizer. Trik untuk mengoptimalkan audio dengan cara setting equalizer ini juga pernah saya bahas dalam tutorial memaksimalkan audio pada Windows Phone part 1 dan part 2.

Untuk mengoptimalkan kualitas audio pada speaker Lumia 950, kamu cukup membuka Settings > Extras > Equalizer. Kemudian atur Preset untuk Speaker kamu seperti tampilan Equalizer di bawah ini.

Setelah mengatur Equalizer, coba kamu amati speaker milikmu, pasti akan terasa perubahan dengan adanya suara yang lebih lantang dan bass yang terasa lebih tebal – Meskipun memang ini tidak bisa menyaingi kualitas hardware audio yang memang benar-benar baik. Solusi ini hanya sekedar sedikit memperbaiki saja.

Lalu bagaimana jika kamu mengenakan earset atau headphone dan menyukai pengaturan flat yang memungkinkan kamu mendengarkan setting asli musik yang kamu putar? Jangan kuatir. Setting ini tidak akan memengaruhi headset milikmu. Jika kamu melakukan pengaturan saat headset tidak tertancap, maka headset tidak akan terpengaruh, dan jika ingin mengubah equalizernya, maka kamu perlu melakukan penyetelan secara khusus dengan headset tertancap pada perangkat Lumia 950 milikmu.

Demikianlah tips meningkatkan kualitas suara pada speaker Lumia 950. Punya tips lain untuk meningkatkan kualitas audio? Sumbangkan saranmu di kolom komentar!

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta