Home Phone Tutorial Memaksimalkan Setting Audio pada Lumia (part 2)

Tutorial Memaksimalkan Setting Audio pada Lumia (part 2)

Tutorial Audio

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjabarkan tips memaksimalkan setting audio pada Lumia. Sebagian besar smartphone andalan Microsoft ini menggunakan teknologi Dolby Audio yang memiliki nama besar di kalangan penggemar audio. Pada bagian yang lalu, saya sudah mengungkapkan tips untuk melakukan pengaturan bar berdasarkan frekuensi audio yang dapat kamu akses dengan membuka Setting > Audio untuk Windows Phone 8.1 dan Setting > Extras > Equalizer untuk kamu yang sudah menggunakan Windows Mobile 10. Edisi kali ini akan lebih menyoroti berbagai toggle praktis yang memungkinkan kamu melakukan pengaturan audio dalam waktu singkat. Berikut ini berbagai fitur audio yang disematkan dalam smartphone Lumia kesayangan kamu.

 

Audio Preset

Tutorial Audio

Untuk Windows Phone 8 dan 8.1, Preset dapat diakses dengan mengetuk bagian atas grafik frekuensi audio di tampilan pengaturan audio kamu. Kamu akan mendapatkan berbagai macam preset yang dapat dipilih sesuai selera. Oh ya, untuk Windows Phone 8.1, guna mengaktifkan opsi preset ini, kamu harus menancapkan headphone atau earset terlebih dahulu. Jika tidak, maka preset dan beberapa fitur terkait audio tidak dapat dipilih dan dijalankan. Ini berbeda dengan WM10 yang memungkinkan kamu melakukan pengaturan, bahkan tanpa perlu menancapkan headphone atau earset.

Tutorial Audio

Untuk mengakses preset di WM10, kamu tinggal membuka Setting > Extras > Equalizer. Skema pengaturan preset akan mirip dengan WP8.1, hanya berkesan lebih segar dan modern.

Oh ya, baik untuk kedua OS, jika kamu ingin mengatur sendiri bar frekuensi yang terdapat di Equalizer, kamu cukup memilih opsi Custom. Opsi ini memungkinkan kamu mengatur secara bebas bar frekuensi audio milikmu.

 

Fitur Enhancements

Tutorial Audio

Di WP8.1, kamu cukup menyapukan jari ke kanan atau kiri, maka kamu akan mendapatkan fitur Enhancements. Di sini ada tiga fitur audio tambahan yang dapat kamu manfaatkan. Yang pertama adalah Dolby Headphone. Ini adalah program dengan algoritma cerdas yang dapat menciptakan suara surround dalam earset atau headphone standar milikmu. Jika dinyalakan, fitur ini juga mengubah pengalaman kamu dalam menonton film melalui Lumia. Seakan-akan kamu berada di ruangan tertutup dengan suara yang saling berpantulan di dinding!

Fitur Audio Leveling akan membantu kamu menghindari ‘kekagetan’ ketika satu lagu memiliki tingkat volume yang berbeda dengan lagu sebelumnya. Perlu diakui bahwa dalam daftar koleksi lagu, ataupun ketika kamu mendengarkan program radio seperti MixRadio misalnya, kadang ada perbedaan volume suara antara satu lagu dengan lagu yang lain. Jika kamu ingin menghindarkan ‘kejutan’ semacam ini, maka kamu dapat mengaktifkan Audio Leveling yang akan membatasi volume suara audio yang kamu dengarkan agar tidak berlebihan antara satu file lagu atau audio dengan file lainnya.

Fitur Flip to Silence sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan kenikmatan mendengarkan audio. Fitur ini memungkinkan kamu mensenyapkan (mute) suara ringtone yang muncul ketika ada orang menghubungi kamu, dengan cara membalikkan Lumia kamu sehingga bagian ‘wajah’-nya menghadap permukaan meja.

Untuk WM10, fitur Enhancement nampaknya masih belum diintegrasikan sepenuhnya. Kita hanya dapat menemukan fitur Virtual Surround yang fungsinya mirip dengan Dolby Headphone di WP8.1.

 

Demikianlah beberapa fitur praktis terkait audio yang dapat kamu manfaatkan di Lumia milikmu. Punya trik audio lainnya? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini!

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta