Home Editorial 5 Teknologi Pilihan yang ‘Tewas’ di Tahun 2017

5 Teknologi Pilihan yang ‘Tewas’ di Tahun 2017

2017 menjadi tahun dimana banyak teknologi baru masuk ke pasar. Mulai dari AR, layar 120hz dan bezeless di smartphone, prosesor dengan belasan core, hingga All In One dengan performa workstation. Namun, adapula teknologi yang ‘tewas’ di tahun tersebut. Berikut 5 teknologi yang akhirnya tutup usia di tahun 2017.

1. iPod Nano dan iPod Shuffle

Resmi Pensiun! Selamat Jalan iPod Nano dan iPod Shuffle

Seri iPod telah menyelamatkan Apple dari keterpurukan pada awal abad 21. Dengan slogan 1000 lagu dalam saku, iPod dan iTunes seketika merevolusi dunia musik. Namun mengingat kini semua ponsel memiliki fitur untuk memutar musik dan layanan pemutar musik online sangat digemari, iPod dinilai sudah tidak relevan lagi dengan pasar modern. Akhirnya Apple memutuskan pada tanggal 28 Juli 2017, iPod Nano dan Shuffle resmi dipensiunkan.

2. Windows 10 Mobile

Cara Install "Paksa" Windows 10 Mobile Fall Creators Update di Lumia Lawas

Sebenarnya, Windows 10 Mobile masih belum sepenuhnya mati. OS mobile besutan Microsoft ini masih mendapatkan update secara berkala. Namun pasar yang tinggal 0,1%, minimnya dukungan developer, hampir tidak adanya ponsel W10M baru yang dirilis, dan dicoretnya dari daftar fokus utama Microsoft, menjadikan Windows 10 Mobile sebagai produk yang kurang menarik lagi untuk dimiliki.

3. Windows Vista

Pengguna Windows Vista di Asia Rawan Menjadi Target Eksploit

Menyusul Windows XP yang telah dipensiunkan lebih dulu, Windows Vista akhirnya dipensiunkan pada 11 April 2017. Microsoft menyatakan mengakhiri dukungannya untuk Windows Vista dan tidak akan memberikan update lagi kecuali dalam kondisi darurat seperti kasus WannaCry lalu.

4. Microsoft Paint

Siapa yang tidak mengenal software legendaris dari Microsoft ini? MS Paint merupakan software bawaan dari Windows yang telah ada sejak versi Windows paling awal pada November 1985. 32 tahun berselang akhirnya MS Paint tidak akan menjadi software bawaan Windows 10 pada update Redstone 4 dan digantikan oleh Paint 3D. Kedepannya kamu memang masih bisa menemukan MS Paint di Microsoft Store, tapi mungkin akan segera terlupakan dan ditinggalkan mengingat tidak lagi disertakan secara default di OS Windows terbaru.

5. Google Tango

Google Tango adalah konsep AR yang dibuat oleh Google. Sudah dikembangkan sejak jauh-jauh hari, namun kalah begitu saja dengan ARKit milik Apple. Kelemahan Google Tango dibanding ARKit adalah Tango membutuhkan hardware khusus untuk mengimplementasikan teknologi AR. Demi bersaing dengan Apple, Google mengembangkan teknologi baru bernama ARCore yang memiliki konsep serupa dengan Apple. Hal ini membawa teknologi Google Tango pada ajalnya. Google mengumumkan mengakhiri proyek ini pada Agustus 2017 dan situs developernya akan resmi ditutup pada Maret 2018.

Demikian 5 teknologi pilihan yang tumbang di tahun 2017. Semua hal di dunia ini pasti akan menemui ajalnya, termasuk teknologi. Apakah kamu memiliki masukan yang lain? Jangan lupa bagikan informasi tersebut dan pendapatmu disini ya!

  Pake PopBox Locker, Enak Nggak Sih?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.