Cara Agar Selalu Membuka Browser dalam Mode Private (1)

Mode private memang sudah menjadi salah satu fitur yang wajib pada browser, terlebih pada PC yang digunakan lebih dari satu orang. Jika kamu terfikir untuk selalu menggunakan browser dalam keadaan mode private, maka artikel ini cocok untuk kamu.

Google Chrome

Agar dapat selalu membuka Chrome dalam keadaan mode private (atau incognito pada Chrome), kamu dapat menggunakan sedikit trik dengan menambahkan suatu perintah yang dimasukan pada shortcut Google Chrome.

  1. Klik kanan pada shortcut Google Chrome, lalu pilih Properties.Cara Agar Selalu Membuka Browser dalam Mode Private (1)
  2. Pada tab Shortcut, tambahkan perintah -incognito pada menu Target. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Agar Selalu Membuka Browser dalam Mode Private (2)
  3. Done.

Jadi kedepannya, Google Chrome akan selalu menggunakan mode private ketika membukanya melalui shortcut ini.

Mozilla Firefox

Sama dengan Google Chrome, kamu dapat menggunakan trik yang sama untuk Firefox. Kamu hanya perlu menggantinya dengan perintah -private. Tetapi untungnya, Firefox memiliki opsi agar kamu dapat selalu membuka browser dalam keadaan mode private.

  1. Buka Firefox.
  2. Lalu pilih opsi Options.Cara Agar Selalu Membuka Browser dalam Mode Private (3)
  3. Kemudian pilih tab Privacy & Security, kemudian buka menu drop-down pada opsi History. Lalu pilih Use custom settings for history dan beri tanda centang pada opsi Always use private browsing mode.Cara Agar Selalu Membuka Browser dalam Mode Private (4)
  4. Firefox akan meminta restart agar dapat menyimpan perubahan.
  5. Done.

Opera

Sayangnya Opera tidak memiliki opsi build-in seperti Firefox. Tetapi kamu masih bisa menggunakan trik shortcut yang sama seperti diatas.

  1. Klik kanan pada shortcut Opera, lalu pilih Properties.Cara Agar Selalu Membuka Browser dalam Mode Private (5)
  2. Pada tab Shortcut, tambahkan perintah -private pada menu Target. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Agar Selalu Membuka Browser dalam Mode Private (6)
  3. Done.

Internet Explorer

Masih sama dengan browser lainnya, kamu juga bisa menggunakan trik shortcut yang sama karena Internet Explorer tidak memiliki opsi build-in seperti Chrome dan Opera.

  1. Klik kanan pada shortcut Internet Explorer, lalu pilih Properties.Cara Agar Selalu Membuka Browser dalam Mode Private (7)
  2. Pada tab Shortcut, tambahkan perintah -private pada menu Target. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Agar Selalu Membuka Browser dalam Mode Private (8)
  3. Done.

Microsoft Edge dan Safari

Sayangnya kedua browser tersebut tidak memiliki opsi build-in serta trik shortcut juga tidak bekerja.

Jadi jika kamu pengguna aktif browser Edge atau Safari, maka kamu hanya bisa mengaktifkan mode private secara manual.

Itu dia cara agar dapat selalu membuka browser dalam mode private. Tentu mode private ini sangat berguna bagi kamu yang sangat concern terhadap privasi, karena cookie maupun history tidak akan tersimpan.

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.