Sudah beberapa lama sejak Microsoft merilis Windows 10 May 2020 Update untuk pengguna, dikabarkan bahwa sebagian dari mereka menemui masalah ketika akan melakukan update.

Selain masalah driver, salah satu masalah yang baru baru ini terungkap adalah terkait dengan Storage Space, sekedar informasi Storage Space adalah fitur dari Windows dan Windows Server yang mendukung system dengan beebrapa drive dan memungkinkan pengguna membundle drive terpisah untuk membuat Storage Space Pool untuk melindungi data ketika perangkat penyimpanan mengalami masalah.

Namun tampaknya fitur ini mungkin akan mengalami masalah lain ketika selesai melakukan update ke Windows 10 2004.

“Devices using Storage Spaces might have issues using or accessing their Storage Spaces after updating to Windows 10, version 2004 (the May 2020 Update) and Windows Server, version 2004,” Catat Microsoft

Dan mungkin dalam beberapa konfigurasi tertentu, partisi untuk Storage Space akan menampilkan RAW dalam Disk Manager, “When using some configurations, partition for Storage Spaces might show as RAW in Disk Manager.” Lanjut Microsoft.

Dan jika kamu adalah pengguna fitur Storage Space, dan kebetulan kamu mendapati masalah diatas, jangan khawatir, data dalam drive kamu tidak hilang meski status di Disk Manager menunjukan RAW, kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk mengatasi masalah itu.

Langkah 1. Silahkan buka Windows Powershell (run as administrator).

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu masukan perintah berikut.

get-virtualdisk | ? WriteCacheSize -gt 0 | get-disk | set-disk -IsReadOnly $true

Dengan itu, Storage Space akan di Set menjadi Read Only, yang berarti kamu tidak dapat menulis dan mengisi apapun disana. Namun perangkat yang kamu gunakan akan tetap dapat digunakan, dan semua partisi di Disk Manager yang menampilkan RAW kini dapat diakses dan dilihat isinya.

Nah perlu diketahui, masalah ini tampaknya hadir bagi mereka yang memaksa melakukan instalasi Windows 10 2004, sehingga sangat disarankan bagi kamu untuk tidak melakukan update selain yang ditawarkan melalui Windows Update.

Referensi : Microsoft

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.