Microsoft Merilis Windows 10 Build 17738 ke Fast Ring

Perlu kamu ketahui bahwa, terdapat beberapa jenis lisensi yang digunakan ketika kamu melakukan aktivasi terhadap Windows 10. Secara garis besar, terdapat 3 jenis yaitu:

  • Retail : Nama lain dari lisensi ini adalah Full Packaged Product (FPP). Biasanya didapatkan ketika kamu membelinya di toko retail ataupun secara online. Berbeda dengan lisensi OEM, kamu bisa memindahkan lisensi Retail dari PC 1 ke PC lainnya.
  • OEM : Merupakan kepanjangan dari Original Equipment Manufacture. Jenis lisensi ini langsung dari perusahaan vendor pembuat Laptop, dan jenis lisensi ini tidak dapat dipindahkan ke mesin lain. Dengan. Jadi misalnya, jika sebuah Laptop sudah pre-install dengan Windows 10 didalamnya, maka Lisensi OEM lah yang tertanam didalamnya dan tidak dapat dipindahkan lisensinya ke laptop lain.
  • Volume : Lisensi ini biasanya digunakan untuk perusahaan yang memiliki PC yang banyak. Lisensi Volume ini bisa mengaktivasi lebih dari 1 mesin, banyaknya tergantung dari Volume Licensing Agreements yang dibuat antara perusahan dan penjual lisensi. Untuk lisensi jenis ini digunakan oleh Edisi Windows 10 Enterprise. Perlu kamu ketahui, lisensi ini suatu saat akan expired dalam jangka waktu tertentu misalnya 6 bulan sekali. Ketika hal tersebut terjadi, maka perlu dilakukannya aktivasi ulang.

Baca Juga :

Cek Jenis Lisensi di Windows 10

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah slmgr -dlv lalu tekan enter.
  3. Hasil output akan keluar berupa pop-up berisi penjelasan lisensi secara detail. Kamu dapat melihat jenis lisensi pada bagian Description.Cara Cek Jenis Lisensi di Windows 10
  4. Done.

That’s it!

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.