Sedikit saya kutip dari artikel serupa, mulai pada Microsoft Office 2013, ada sebuah fitur yang bernama Hardware Graphic Acceleration, yang mana secara default fitur tersebut sudah diaktifkan, fitur ini akan secara otomatis mengalihkan rendering graphic dan text dari CPU ke GPU agar mendapatkan performa yang lebih baik.

Hanya saja dengan fitur ini, bagi GPU lawas dengan driver yang sudah obsolete mungkin akan meningkatkan beban kerja Graphic Card, dan mungkin akan membuat aplikasi crash, loading lama, text yang ngeblur, kursor loncat loncat ketika pengguna menjalankan Microsoft Office, ya meski itu sangat jarang dan saya sendiripun belum pernah mengalaminya.

Tetapi jika kamu mengalami salah satu masalah seperti yang disebutkan diatas atau kamu masih menggunakan perangkat yang cukup lama, mematikan Hardware Graphic Acceleration adalah salah satu langkah yang cukup direkomendasikan.

Nah sebelumnya saya sudah merangkum langkah untuk Disable Hardware Graphic Acceleration Di Microsoft Office 2019, yang bisa dibilang langkahnya sangat mudah sekali, namun kalo ada yang susah kenapa harus yang mudah, iya gak. 😁

Disable Hardware Graphic Acceleration Di Microsoft Office Melalui Registry Editor sebenarnya mudah juga sih, cuma setiap langkahnya perlu diperhatikan karena kalo salah saja menghapus atau mengubah sesuatu didalamnya, system dan app bisa saja tidak berjalan dengan normal. Langsung saja berikut adalah langkahnya.

Langkah 1. Pertama buka Registry Editor, kamu bisa ketikan ‘regedit’ di Start Menu.

Langkah 2. Masuk ke Directory berikut, silahkan sesuaikan dengan versi Microsoft Office kamu.

  • Office 2010: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\14.0\Common\Graphics
  • Office 2013: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\15.0\Common\Graphics
  • Office 2016 / 2019: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\16.0\Common\Graphics

Karena saya menggunakan Office 2019, maka Directory yang harus dimasuki adalah ‘HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\16.0\Common\Graphics’.

Langkah 3. Ubah Value Data dari ‘Disable hardware graphics acceleration‘ dari 0 menjadi 1.

Klik OK dan selesai deh. Setelah itu Restart Microsoft Office kamu, dan ketika kamu buka kembali Microsoft Office, Hardware Graphic Acceleration sudah nonaktif dan tidak menggunakan GPU Usage lagi.

Jika kamu mengalami masalah dimana Directory pada langkah kedua tidak tersedia, silahkan kamu lakukan langkah alternatif pada artikel berikut.

Baca Juga :

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat. 👌

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.