Home PC Cara Install Windows 10 Fall Creators Update RTM Sekarang Juga!

Cara Install Windows 10 Fall Creators Update RTM Sekarang Juga!

Cara Install Windows 10 Fall Creators Update RTM Sekarang Juga

Microsoft baru saja merilis Windows 10 build 16299.15 ke insider fast ring, yang sekaligus merupakan build RTM Windows 10 Fall Creators Update. Bagi kamu yang belum tahu, RTM atau Release to Manufacturing merupakan build Windows yg akan dikirimkan Microsoft ke berbagai Partner hardware mereka utk dijadikan sebagai OS bawaan di perangkat Windows 10 terbaru.

Artinya kamu sudah bisa menganggap build ini layaknya Windows 10 Fall Creators Update final, yang akan dirilis ke publik pada 17 oktober 2017 nanti.

Cara Install Windows 10 Fall Creators Update RTM Sekarang Juga

Oke..bagi kamu yg ingin menunggu perilisan publik nya, silakan tunggu sampai 17 oktober yang hanya kurang 2 minggu saja dari sekarang, tetapi bagi kamu yang sudah tidak sabar ingin menginstall dan merasakan Experience Windows 10 Fall Creators Update saat ini juga, berikut ini adalah cara installnya.

Cara Install Windows 10 Fall Creators Update (RTM)

Perlu kamu pahami bahwa saat ini build Windows 10 Fall Creators Update RTM ini baru dirilis di Insider Fast Ring, untuk itu kamu harus atur Windows 10 kamu ke Insider Fast Ring terlebih dahulu.

Caranya buka Start Menu > klik Settings > pilih Update & security > dan jika sudah masuk, klik menu Windows Insider Program.

Bagi kamu yang belum terdaftar di program Windows Insider, kamu bisa mendaftarkan Microsoft Account kamu ke program insider disini. Jika sudah terdaftar, kamu tinggal hubungkan saja akun Insider tersebut ke Windows 10 dengan klik Link a Windows Insider Account.

Masukkan akun Microsoft kamu dan klik Continue > masukkan PIN / password utk verifikasi > dan setelah terhubung kamu akan disuguhi tiga opsi insider, yaitu Fast, Slow, dan Release Preview.

Untuk menginstall build Windows 10 Fall Creators Update RTM sekarang juga, pilih Fast.

Setelah itu langsung saja menuju ke Windows Update > dan tekan Check for updates. Kamu akan langsung mendapati update Windows 10 Insider Preview Build 16299.15, yang merupakan build RTM dari Fall Creators Update.

Jika kamu tidak mendapatkannya, tunggu saja beberapa waktu dan ulangi check updates lagi, karena terkadang butuh beberapa waktu bagi Windows 10 untuk membaca setting insider yang baru saja kita ubah.

Proses instalasi akan otomatis berlangsung, dan tunggu saja hingga selesai.

Begitu selesai kamu sudah berada di Windows 10 Fall Creators Update. Kamu bisa memastikannya dengan mengetikkan Winver di search box dan enter. Akan tampil detail Windows versi 1709 yang merupakan versi resmi dari Windows 10 Fall Creators Update.

Kini kamu bisa eksplorasi apa saja fitur barunya dan mencicipinya lebih awal sebelum pengguna umum mendapatkannya. Tetapi ingat, Windows 10 kamu kini berada di program insider fast ring, yang kedepannya akan mendapatkan update jika ada build insider baru yang dirilis. Solusinya, kamu bisa langsung saja keluar dari program Windows insider agar tidak mendapatkan kiriman build insider lagi.

Caranya buka Start > Settings > Update & Security > masuk ke Windows Insider Program > dan klik Stop Insider Preview Builds

Begitu popup muncul, pilih Stops Insider Build Completely > Confirm > dan Restart now

Dengan begini kamu sudah berada di Windows 10 Fall Creators Update RTM layaknya di versi final.

Cara Install Windows 10 Fall Creators Update RTM Sekarang Juga

Bagi kamu yang ingin lebih jelas bisa melihat video tutorialnya berikut ini:

Untuk review berbagai fitur baru di Windows 10 Fall Creators Update bakal WinPoin rilis videonya sebentar lagi di channel Kepoin Tekno, jadi pastikan kamu subscribe channel kepoin tekno, karena selalu ada info dan tips menarik seputar teknologi, setiap hari.

Satu hal lagi, saya merekomendasikan kamu untuk menunggu saja hingga Windows 10 Fall Creators Update dirilis ke publik secara resmi, tetapi cara upgrade ke Windows 10 Fall Creators Update (RTM) ini saya bagikan hanya bagi kamu yang memang sudah tak sabar untuk menggunakannya sekarang juga.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.