Salah satu hal yang selalu saya cek adalah masalah security untuk akun Microsoft yang saya gunakan, termasuk melihat apa saja aplikasi terhubung dengan akun tersebut, terlebih dengan banyaknya email spam yang masuk yang kadang berisi email phising didalamnya, membuat saya sedikit paranoid dan takut akan tiba tibanya ada aplikasi atau layanan yang tidak diinginkan terhubung tanpa sepengetahuan saya sendiri.

Nah bagi kamu yang penasaran juga, berikut saya rangkum langkah singkat untuk melihat, me-manage, dan bahkan menghapus aplikasi atau layanan yang terhubung dengan akun Microsoft kamu. Dan berikut adalah langkah langkahnya.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu masuk ke halaman https://account.live.com/consent/Manage, silahkan login seperti biasa.

Setelah kamu masuk, kamu akan diberikan tampilan dari apa saja aplikasi atau layanan yang terhubung dengan akun Microsoft kamu, contohnya adalah seperti pada gambar berikut:

Langkah 2. Untuk menghapus salah satu layanan atau aplikasi yang terhubung, silahkan klik link Edit yang tersedia dibawah aplikasi / layanan yang ditampilkan disana.

Lalu klik pada ‘Remove these permissions’ seperti yang saya tunjukkan pada gambar diatas, dan harusnya aplikasi/layanan tersebut sudah tidak terhubung lagi dengan akun Microsoft kamu.

Terkait dengan adanya aplikasi/layanan yang terhubung, biasanya Microsoft akan segera mengirimkan email notifikasi pada pengguna (biasanya dari email account-security-noreply@accountprotection.microsoft.com), ketika adanya aplikasi/layanan yang terhubung, dengan itu jadi sangat disarankan buat pengguna untuk tidak melakukan unsubscribe email tersebut.

Silahkan di cek guys, semoga saja akun kita aman aman saja, apalagi jika ada beberapa lisensi yang terhubung disana, seilahkan dicoba, semoga bermanfaat.

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.