Clean Boot bisa menjadi opsi dikala kamu sedang menghadapi masalah pada Windows 10, misalnya saja konflik terhadap software, drivers, bermasalah saat proses startup Windows, dsb.

Clean Boot sendiri merupakan fitur dimana sistem akan melakukan booting tanpa menjalankan services ataupun drivers yang tidak perlu. Dengan kata lain sistem hanya akan menjalankan komponen yang dibutuhkan saja pada saat Start-up.

Melakukan Clean Boot di Windows 10

  1. Pertama buka Windows Run (WinKey + R), lalu ketika msconfig dan klik OK/Enter.
  2. Ketika jendela System Configuration terbuka, pada tab General, pilih opsi Selective startup dan hilangkan tanda pada Load startup items.
  3. Kemudian navigasilah ke tab Services lalu beri tanda centang pada opsi Hide all Microsoft services. Dengan begitu maka hanya akan ditampilkan service pihak ke-3 saja, lalu pilih opsi Disable all.
  4. Selanjutnya navigasi ke tab Startup lalu klik opsi link Open Task Manager.
  5. Pada tab Startup dan kamu bisa mematikan aplikasi yang berjalan secara startup, pilih salah satu lalu klik Disable. Lakukan cara yang sama jika ingin mematikan aplikasi yang lainnya.
  6. Terakhir tutup msconfig dan task manager, lalu kamu bisa melakukan proses sekarang dengan memilih opsi Restart.

Ketika Windows 10 kembali startup, maka kamu telah berhasil masuk pada mode Clean Boot di Windows 10. Selanjutnya kamu dapat melakukan troubleshooting yang kamu inginkan. Misalnya saja uninstall aplikasi atau drivers yang bermasalah.

Jika ingin kembali ke boot normal. Maka kamu kamu bisa mengembalikannya seperti semula dengan cara yang sama yaitu melalu msconfig. Kemudian pilih opsi Normal startup pada tab General. Lalu mengaktifkan kembali service pihak ke-3 dan aplikasi startup di Task Manager.

  Secepat Apa Smartfren 5G..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.