Biasanya jika ingin melihat informasi yang terkait dengan Hardisk, kamu dapat menggunakan Disk Management atau dengan aplikasi pihak ke-3 seperti Hard Disk Validator, Disk Checkup, atau DiskBoss.

Namun terdapat cara lain yakni dengan menggunakan perintah yang dimasukan dalam PowerShell.

Melihat Informasi Hardisk dengan PowerShell

Buka PowerShell, lalu ketikan perintah get-wmiobject -class win32_logicaldisk. Dimana perintah tersebut untuk menampilkan informasi tentang disk (partisi) seperti letter, tipe, size, size yang tersedia, serta nama partisi.

Pada kolom device type yang diwakili dengan nomor memiliki artinya, berikut daftarnya sebagai refrensi:

  • 0 : Unknown
  • 1 : No Root directory
  • 2 : Removable Disk
  • 3 : Local Disk
  • 4 : Network Drive
  • 5 : Compact Disc
  • 6 : Ram Disk

Kamu juga dapat menggunakan parameter ‘-Filter’ untuk memunculkan tipe drive tertentu. Misalnya saja perintah Get-WmiObject -Class Win32_logicaldisk -Filter “DriveType =3” untuk menampilkan local disk saja.

Perintah lain yang dapat kamu gunakan adalah wmic diskdrive get Name,Model,SerialNumber,Size,Status. Dimana perintah tersebut akan menampilkan nama hardisk, model, serial number, size, dan status.

Parameter lain yang dapat kamu tambahkan adalah InstallDate, InterfaceType, FirmwareRevision, DefaultBlockSize, CompressionMethod, Capabilities, Availability, LastErrorCode, atau PowerManagementCapabilities.

That’s it!, itu dia cara untuk menampilkan informasi Hardisk dengan menggunakan PowerShell. Bisa dibilang PowerShell ini cukup powerful, disamping adanya Command Prompt.

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.