Sejak era Fall Creators Update kemarin, Windows 10 mendapatkan banyak fitur baru, salah satunya adalah My People. Ikon baru yang menempel di Taskbar ini mungkin kurang menarik perhatian kamu karena sekilas nampak ribet penggunaannya dan juga belum tahu ingin dimanfaatkan untuk apa.

Sebenarnya fitur ini cukup menarik. My People berfokus pada orang yang paling sering kamu hubungi, sehingga dengan menampilkannya di taskbar, maka kamu tidak akan melewatkan informasi terbaru dari orang tersebut, terutama kaitannya dengan Skype dan Email.

Oya, jika kamu menggabungkan Skype kamu dengan SMS, maka kamu juga akan mendapatkan notifikasi SMS beserta isinya dalam kaitannya dengan kontak tersebut. Dasar pemikiran fitur ini adalah konsep 80/20 yang diperkenalkan Vilvredo Pareto. Untuk kamu yang tidak familiar dengan prinsip ini, kira-kira konsepnya adalah 80% akibat tercipta dari 20% penyebab. Penjabarannya bisa dalam banyak bidang (Pareto melakukan banyak penelitian untuk membuktikan fenomena ini), misalnya 80% pendapatan, biasanya diperoleh dari 20% jenis aktivitas yang dilakukan – Contohnya untuk saya pribadi, 80% pemasukan saya diperoleh dari 20% tipe aktivitas yang biasa saya lakukan tiap hari: menerjemahkan dan menulis.

Apa manfaat mengetahui fenomena ini? Dengan demikian kita bisa berfokus pada keunggulan-keunggulan kita untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kembali dalam konsep My People Microsoft tadi, kira-kira: 80% interaksi yang berpengaruh positif dalam kehidupan kita kemungkinan besar hanya berasal dari 20% orang. Inilah sebabnya kita perlu lebih berfokus pada 20% orang tersebut, ya salah satu caranya adalah dengan tidak melewatkan pesan dari mereka dengan mendapatkan notifikasi tambahan di taskbar!

 

Cara Mengaktifkan My People

Seperti yang saya singgung sebelumnya, My People hadir resmi di build Fall Creators Update, atau minimal build versi 1709. Untuk mengaktifkannya, kamu bisa memanajemennya di Settings > Personalization > Taskbar, gulir ke bawah hingga menemukan pengaturan khusus My People.

Oya, jangan lupa – Kamu juga harus menampilkan My People di Taskbar dengan mengklik kanan taskbar dan memilih “Show People Button“.

 

Menautkan Akun

My People bekerja berdasarkan akun Outlook kamu. Jadi jika kamu menyimpan kontak di gmail, terlebih dahulu kamu harus sudah menautkan gmail dan outlook untuk memudahkan sinkronisasi kontak. Secara umum, ada tiga aplikasi yang kompatibel dengan My People, yaitu People, Skype, dan Mail. Bukan tidak mungkin di masa mendatang kita akan mendapatkan informasi dari WhatsApp, Slack, atau aplikasi pengiriman pesan lainnya. Untuk memasang ikon kontak ke taskbar, kamu bisa klik pada ikon My People, lalu menambahkan kontak yang ingin ditempelkan.

Klik pada Find and pin contact untuk menempelkan kontak ke taskbar. Salah pin? Kamu bisa melakukan Unpin dengan mengklik pada kontak yang terlanjur kamu ‘tempelkan’ di taskbar.

Terkadang kamu memiliki duplikat kontak, satunya hanya mewakili email orang yang ingin kamu tambahkan, sedangkan satunya lagi mewakili Skype. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggabungkan dua kontak tersebut (yang merupakan milik orang yang sama), dengan mengklik Combine duplicate contacts for this person and see all the apps you have in common.

Kamu akan mendapatkan kotak dialog tambahan yang menuntun kamu untuk menggabungkan kontak.

Setelah dua kontak ini digabungkan, maka kamu di ikon My people untuk orang spesifik tersebut, kamu akan dapat memeriksa dua aplikasi terkait, misalnya Skype dan Email.

Kamu bisa beralih antar dua informasi aplikasi yang kamu inginkan dengan mengklik menu hamburger di sudut kiri atas kotak My People yang ditampilkan. Jika nanti orang tersebut mengirim pesan kepada kamu lewat email atau Skype, maka kamu akan mendapatkan counter badge, yaitu angka yang menunjukkan jumlah notifikasi yang masuk dari orang tersebut. Ini memungkinkan kamu untuk dengan cepat mengantisipasi dan menangani pesan dari orang tersebut. Bahkan kamu juga dapat melakukan Skype Calling dari My People ini.

 

Masa Depan My People

Microsoft menyatakan bahwa mereka berharap developer ikut aktif mengembangkan My People sehingga nanti kita dapat memeriksa berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Twitter, Facebook, Telegram – terkait dengan orang yang penting bagi kita dengan lebih mudah lewat My People. Ini memungkinkan kita menindaklanjuti permasalahan tertentu dengan lebih cepat terkait dengan orang tersebut.

 

Penggunaan fitur semacam ini, tentu saja kembali lagi pada kamu. Jika tidak berkenan, kamu dapat dengan mudah mematikan fitur ini dengan tidak menampilkannya di Taskbar. Namun siapa tahu kamu bisa mengambil manfaat adanya fitur ini dan akhirnya lebih produktif dengannya. Punya tips lain dalam memanfaatkan My People? Sumbangkan pengetahuan kamu di kolom komentar.

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.