Home PC Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Windows 10 Fall Creators Update sudah dirilis secara resmi. Bagi kamu yang penasaran apa saja fitur barunya, berikut ini adalah daftar lengkap fitur baru di Windows 10 Fall Creators Update.

NB: Video Review Windows 10 Fall Creators Update (Indonesia) ini diupload WinPoin di channel Kepoin Tekno. Pastikan kamu  subscribe channel Kepoin Tekno  agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

1. Fluent Design System

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Hal pertama yang bakal kamu temukan adalah desain baru Windows 10 yang diberi nama fluent design system. Secara konsep fluent design system ini sebenarnya membawa kesan elegan, transparent, dan modern kedalam Windows 10, hanya saja di fall creators update, belum semua elemen menggunakan konsep desain ini secara menyeluruh. Tapi kamu sudah bisa melihat adanya progress menuju kesana.

Misalkan saja saat kamu buka Settings, kini ketika kamu hover setiap opsi akan ada efek lighting yang terlihat mengikuti mouse, begitu juga saat di klik, terlihat ada efek yang tampil.

Kesan fluent design system ini lebih kental terlihat saat kamu membuka aplikasi seperti Calculator ataupun People, dimana setiap menu akan menampilkan efek lighting saat di hover ataupun di klik, serta adanya animasi popup di elemen yang dimunculkan.

Tidak ketinggalan juga adanya efek blur transparent di masing-masing aplikasi, dan Microsoft Edge juga turut kebagian efek transparent ini.

Sekali lagi belum semua elemen di Windows 10 Fall Creators Update menggunakan konsep fluent design system secara kompak dan menyeluruh, tetapi seiring berjalannya waktu konsep desain Windows 10 akan terus diarahkan menuju kesana. Info lengkap seputar Fluent Design System ini bisa kamu lihat disini.

Perubahan desain lain terlihat di Action Center, dimana setiap notifikasi kini ditampilkan dalam bentuk card, dan ya..action center ini juga memiliki efek blur transparent ala fluent design system.

2. Microsoft Store

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru kedua adalah Windows Store yang kini namanya berubah menjadi Microsoft Store. Logonya juga baru, dan perubahan nama ini dilatarbelakangi oleh tujuan Microsoft yang selain menjadikan Store sebagai tempat jualan aplikasi, juga akan dijadikan sebagai tempat jualan hardware, baik itu perangkat buatan Microsoft sendiri seperti Surface dan aksesorisnya, atau perangkat buatan brand partner Microsoft lainnya. Hanya saja saya masih ragu apakah store hardware ini bakal tersedia juga di market lokal Indonesia, namun sepertinya hanya akan tersedia di region tertentu saja. (Baca: Microsoft Resmi Jualan hardware di Microsoft Store)

NB: belum semua pengguna mendapatkan update Microsoft Store. Beberapa menyatakan sudah dapat Microsoft Store yang baru, dan sebagian lainnya masih tetap Windows Store yang lama.

3. My People

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru ketiga adalah My People. Jadi kini di Windows 10 Fall Creators Update, kamu bisa pin contact yang sering kamu hubungi di taskbar, untuk memudahkan komunikasi seperti chatting, ataupun berbagi file dengan cepat. Begitu kamu klik, kamu akan langsung disuguhi dengan beberapa saran kontak untuk di pin, dan jika kontak yang kamu inginkan tidak ada disitu, klik saja Find & Pin contacts untuk mencari kontak yang kamu inginkan. Kontak yang di pin akan langsung tampil di taskbar, dan kamu bisa pin hingga maksimal 3 contact . Media komunikasi bisa fleksibel kamu atur, apakah email, skype, dsb. Daftar kontak ini juga bakal muncul di share list, jadi jika kamu menemukan link menarik saat browsing di Edge misalnya, kamu tinggal share saja untuk berbagi link dan daftar kontak akan tampil di bagian teratas.

Untuk berbagi file bisa langsung kamu lakukan dengan drag and drop file tersebut ke taskbar, masukkan email, klik continue, dan send. Atau…agar tidak bolak-balik memasukkan detail email saat akan mengirimkan file, kamu bisa masukkan alamat email kontak tersebut melalui edit contact > masukkan email > dan save. Untuk selanjutnya, cukup drag n drop dan file langsung siap untuk dikirim.

4. Files on Demand

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru keempat bakal bermanfaat buat kamu yang punya PC dengan kapasitas penyimpanan minim, jadi di Windows 10 Fall Creators Update, OneDrive kini dilengkapi dengan fitur Files on Demand. Artinya kamu bisa mengakses file di OneDrive layaknya file tersebut tersimpan di local storage, tanpa mengambil kapasitas penyimpanan di hardisk / SSD. Jika kamu perhatikan di OneDrive kini ada kolom Status yang menunjukkan status penyimpanan file.

Ada icon centang seperti ini, tandanya file tersimpan di local storage. Lalu ada juga file dengan icon status cloud, yang artinya file tersebut ada di OneDrive tanpa tersimpan di PC. Kamu bisa membukanya seperti file lain pada umumnya, dan file akan didownload sesaat sebelum dibuka. Jika kamu ingin memastikan file bisa terus diakses secara offline, klik kanan dan pilih Always Keep on This Device untuk menyimpannya di PC secara permanen. Tandanya icon centang akan berubah menjadi hijau penuh seperti ini.

Untuk menghemat kapasitas hardisk / SSD, klik kanan file dan pilih Free up space. File akan otomatis dihapus dari penyimpanan local dan hanya akan tersimpan di OneDrive saja.

5. Story Remix

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru kelima adalah Story Remix di aplikasi Photos. Seperti yang kamu lihat di aplikasi Photos kini ada tab baru yaitu Creation, dan ada menu Create di sebelah kanan. Jika kamu klik, ada 3 pilihan tool yang muncul, yaitu Video Remix, Video Project, dan Album.

Di video remix kamu bisa membuat video dari koleksi foto dan video yang kamu miliki secara instan. Kamu tinggal memasukkan dan memilih saja foto dan video yang kamu inginkan, lalu secara otomatis Story Remix akan membuat video slideshow nya. Jika kurang cocok dengan hasilnya, klik saja New Video, dan akan dibuatkan lagi video baru dengan musik dan gaya yang berbeda.

Jika kamu ingin mengatur slideshow nya secara manual, klik saja edit video, kamu akan dibawa ke Video Project, dimana kamu bisa mengatur setiap urutannya, menambahkan teks dari banyak pilihan style, menambah efek filter, motion, serta untuk video kamu bisa menambahkan 3d effect secara instan dari berbagai macam pilihan efek yang tersedia. Jika sudah kamu bisa export ataupun share video tersebut dengan 3 pilihan opsi ukuran file, yaitu kecil, menengah, dan besar.

Sedangkan album, ini jauh lebih simple lagi, dimana kamu bisa mengelompokkan foto dan video yang kamu inginkan menjadi satu, yang bisa kamu lihat juga isi slideshow nya.

Bisa dibilang Story Remix ini adalah video editor simple yang disertakan oleh Microsoft kedalam aplikasi Photos di Windows 10 Fall Creators Update.

6. Emoji Panel

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru keenam di Windows 10 Fall Creators Update, adalah panel emoji. Kini kamu bisa dengan mudah memasukkan emoji dimanapun dengan menekan tombol Windows + semicolon ( Win + ; ). Panel emoji ini bisa kamu masukkan di semua yang bersifat teks editor, seperti saat browsing, mengetik email, dokumen, dan sebagainya.

7. Swipe keyboard

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru ketujuh adalah swipe keyboard. Jadi di virtual keyboard, kini kamu bisa memunculkan Swipe Keyboard. Bagi kamu yang menggunakan Windows 10 Mobile pasti sudah sangat familiar dengan keyboard ini, dimana kamu bisa mengetik hanya dengan menggunakan swipe. Tapi tentu ini bakal bermanfaat jika kamu adalah pengguna tablet Windows, atau perangkat touchscreen Windows lainnya.

8. GPU Performance

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru kedelapan ada di dalam task manager, dimana sekarang kamu bisa melihat tidak hanya performa CPU, memory, disk, dan ethernet saja, tetapi juga bisa melihat performa GPU.

9. Edge

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru selanjutnya ada di dalam Microsoft Edge, sekarang kamu bisa pin website favorit kamu di taskbar, dengan cara klik menu > dan pilih pin this page to the taskbar. Icon website tersebut akan muncul di taskbar dan akan langsung terbuka begitu kamu klik. Selain itu kini kamu bebas memilih dan menentukan folder untuk menyimpan website favorite.

Masih tetap di Microsoft Edge, halaman web kini bisa kamu tampilkan full screen melalui menu > dan tekan icon full screen yang ada di samping menu zoom. Kini kamu juga bisa mengedit URL favorites dengan klik kanan > dan edit URL. Selain itu file PDF juga bisa kamu corat-coret, langsung melalui fitur anotasi di Microsoft Edge.

Sebenarnya ada juga fitur read aloud untuk membacakan isi website dengan cara block teks > klik kanan > dan read aloud, tetapi ini hanya berguna di halaman web berbahasa inggris, karena untuk membaca teks dalam bahasa indonesia, silakan dengar sendiri gimana hasilnya.

10. Cortana

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru kesepuluh ditanamkan kedalam Cortana, sekarang kamu bisa memerintahkan Cortana untuk restart, turn off, lock, atau sign out PC.

11. Phone Linking

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru kesebelas adalah Phone Linking, ini adalah fitur yang bisa menghubungkan Windows 10 PC dengan iPhone dan Android. Buka Start > Settings > dan kamu akan mendapati opsi Phone > klik dan kamu bisa memasukkan semua smartphone kamu disini. Tekan Add a phone > masukkan nomor handphone kamu dengan kode +62 untuk Indonesia > dan klik Send

Kamu bakal langsung mendapatkan SMS berisi link menuju aplikasi Continue on PC, dan begitu aplikasi tersebut terinstall, kamu bisa melanjutkan aktivitas seperti mengirim tab browsing, dari smartphone ke Windows 10 PC.

Fitur ini baru akan optimal di Microsoft Edge untuk iOS dan Android, yang rencananya akan rilis di akhir tahun ini. (Baca: Resmi – Microsoft Edge Segera Dirilis ke iOS dan Android)

12. Install Linux Langsung dari Store

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru kedua belas, kini kamu bisa install bash Linux langsung dari dalam Store. Kamu tidak lagi harus menginstallnya secara manual melalui Command Prompt, tetapi dengan membuka Store, kamu bisa menemukan beberapa bash milik distro Linux populer seperti Ubuntu, openSUSE dan SUSE Linux Enterprise.

13. Mixed Reality

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur ketiga belas di Windows 10 Fall Creators Update adalah dukungan untuk Mixed Reality. Ada berbagai aplikasi untuk mendukung teknologi ini seperti Mixed Reality Viewer dan Mixed Reality Portal. Fall Creators Update juga bakal mendukung berbagai headset Windows Mixed reality yang baru saja dirilis di pasaran, tentu saja jika PC kamu memenuhi kebutuhan spesifikasi minimalnya. (Baca: Spesifikasi Minimum untuk Menikmati Windows Mixed Reality)

14. Exploit Protection

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Fitur baru lainnya adalah ditambahkannya Exploit Protection untuk melindungi PC kamu dari serangan eksploit. Buka Settings > masuk ke Update & Security > Windows Defender > dan Open Windows Defender Security Center. Pada bagian App & Browser Control, kamu akan mendapati fitur exploit protection, yang sebenarnya tidak perlu kamu ubah lagi pengaturannya.

Ngomongin soal Settings, masih ada banyak hal baru lain yang bisa kamu temukan di Settings. Misalkan saja Cortana kini sudah punya halaman settings tersendiri. Semua pengaturan Cortana bisa kamu temukan disini.

Selain itu di pengaturan App kini ada Video Playback settings, yang bisa kamu gunakan untuk mengatur bagaimana perlakuan Windows 10 dalam memainkan video. Misalnya saja kamu bisa mengatur agar Windows 10 meningkatkan kualitas video secara otomatis, atau…memainkan video dalam resolusi rendah untuk menghemat kuota internet dan juga baterai.

Kamu sekarang juga bisa menghapus folder Windows Old, yaitu folder yang berisi instalasi lama Windows, langsung melalui Storage Sense. Cukup buka di System Settings > Storage > Change how we free up space > dan centang Delete Previous Version of Windows > Lalu clean now. Kamu juga bisa aktifkan fitur automatic clean supaya Windows otomatis membersihkan berbagai file-file sampah tersebut saat kapasitas penyimpanan sudah mulai penuh.

Fitur baru lain didalam settings ada di Windows Update, dimana ketika ketika kamu klik Advanced options > delivery optimization > advanced options lagi > kini kamu bisa membatasi penggunaan bandwith download maupun upload oleh Windows Update.

Terakhir di setting Ease of Access kamu akan mendapati opsi Color & High Contrast dengan berbagai pilihan filter seperti Grayscale, invert, dan sebagainya.

Perbaikan minor lainnya

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Sebenarnya masih ada banyak sekali perubahan minor di Windows 10 Fall Creators Update, seperti adanya fitur power throtlling untuk menghemat resource CPU dan baterai, volume control terpisah untuk aplikasi UWP, dan berbagai perubahan minor lain yang bisa kamu temukan melalui eksplorasi di Windows 10 Fall Creators Update.

Sekali lagi update mayor Windows 10 ini bakal dirilis ke publik pada 17 oktober 2017 nanti, jadi pastikan kamu kunjungi terus WinPoin agar tidak ketinggalan berbagai info seputar Windows.

Jangan lupa untuk  subscribe channel Kepoin Tekno  agar tidak ketinggalan info dan tips terbaru seputar teknologi seperti ini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.