Ketika suatu aplikasi berjalan, sistem otomatis akan membuat entry proses terhadap aplikasi tersebut. Dimana entry tersebut berisikan kode dan aktivitas dari program itu sendiri. Entry ini dikenal dengan Process Identifier (PID), yang mana setiap program memiliki PID yang berbeda-beda.

Pada kasus tertentu, mungkin kamu ingin mematikan process dari aplikasi. Misalnya saja ketika aplikasi tersebut bermasalah yang menyebabkan error atau freeze.

Mudahnya kamu bisa mematikan aplikasi ini secara paksa melalui Task Manager. Kemudian memiliki aplikasi yang diinginkan lalu memilih opsi End task.

Tetapi jika menginginkan cara lain, maka kamu bisa mencoba cara melalui Command Prompt.

Baca juga:

Mematikan Aplikasi secara Paksa di Windows 10 dengan Command Prompt

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah tasklist untuk menampilkan semua proses aplikasi yang berjalan.
  3. Untuk mematikan proses aplikasi, maka kamu bisa mencoba perintah dibawah ini untuk mematikan proses aplikasi berdasarkan PID.
    taskkill /F /PID 9024Atau mematikan proses aplikasi berdasarkan nama.
    taskkill /IM "uTorrent.exe" /F
  4. Done.

WinPoin sendiri lebih memilih perintah mematikan proses berdasarkan nama, karena PID bersifat dinamis. Jadi jika kamu menutup suatu proses dengan PID 9017, maka PID tersebut akan berubah ketika membuka kembali aplikasi tersebut.

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.