Home Phone Cara Mematikan Notifikasi Chat BBM, WhatsApp, dan Line di Windows Phone

Cara Mematikan Notifikasi Chat BBM, WhatsApp, dan Line di Windows Phone

Windows Phone Chat NotificationDisuatu pagi, smartphone Lumia miliknya berdering berkali-kali. Padahal ia tengah menyiapkan sarapan pagi sebelum berangkat ke kampus. Ketika di cek, ternyata mantan pacar yang mengirim chat, ada 5 pesan yang isinya pun sama. “Hai, selamat pagi..” begitulah isi pesannya.

Ia pun langsung teringat mantan, ia putus dengan mantan pacarnya karena pacarnya selingkuh. Karena memiliki pengalaman yang buruk, ia malas menjawabnya. Ia bahkan berniat membuang jauh-jauh kenangan bersama mantan pacarnya itu. 1 jam setelah pesan itu, Lumia-nya pun berdering lagi, dan masih dari mantan pacarnya juga. Lantas, ia pun mematikan Lumia-nya.

Nah, cerita seperti itu pasti pernah dirasakan oleh kamu. Terkadang ada chat dari seseorang yang sering mengirim pesan yang tidak penting, ataupun merasa terganggu dengan ringtone khas Line atau BBM yang terlalu sering berbunyi, dengan pesan dari orang yang sama.

Kali ini, Winpoin bakal memberikan tips cara mematikan notifikasi chat pada aplikasi BBM, WhatsApp, dan Line di smartphone Windows Phone dan Windows 10 Mobile, tanpa perlu mematikan smartphone.

1. BBM

BBM Chat Notification-1

Di aplikasi chatting dari BlackBerry Messenger ini, pengguna BBM tidak bisa mematikan notifikasi chat kepada satu orang tertentu, melainkan semua notifikasi.

Caranya pun cukup tap tanda pivot (…) pada home screen BBM, lalu pilih “Settings”, pilih “Notification”, lalu pada All Notification geser ke Off.

Setelah cara itu dilakukan, maka semua notifikasi BBM mulai dari chat, update status, notifikasi di live tile dan notifikasi toast, akan matikan.

2. WhatsApp

Pada WhatsApp, pengguna bisa mematikan notifikasi chat berdasarkan orang dan grup tertentu yang diinginkan. Caranya, buka chat orang atau grup yang ingin dimatikan notifikasinya, lalu tap tanda pivot (…), lalu pilih “Info” atau “Group info”, pilih “Mute”, lalu pilih masa waktu penon-aktifan notifikasi yang diinginkan.

WhatsApp Chat Notification-1

Di WhatsApp, pengguna juga bisa mematikan seluruh notifikasi. Tapi di WhatsApp, notifikasi ini terpisah antara pesan biasa dengan pesan grup, sehingga pengguna bisa memilih mematikan notifikasi semua grup yang ada atau mematikan notifikasi semua pesan biasa.

WhatsApp Chat Notification-2

Caranya, pada home screen WhatsApp, tap tanda pivot (…), pilih “Settings”, lalu pilih “Notification”. Geser “Message Notification” ke posisi Off jika ingin mematikan notifikasi pesan biasa, atau geser “Group notification” ke posisi Off jika ingin mematikan pesan grup, atau geser keduanya jika tidak menginginkan adanya notifikasi sama sekali.

3. Line

Di Line, notifikasi chat bisa dimatikan berdasarkan orang atau grup yang diinginkan.

Caranya, pilih chat dari orang yang ingin dimatikan notifikasinya, lalu tap tanda pivot (…) pada chat tersebut, pilih “Chat settings”, lalu pada Notification geser ke Off.

Line Chat Notification-1

Tapi, jika kamu ingin semua notifikasi dimatikan, caranya cukup mudah. Pada home screen Line, tap tanda pivot, lalu pilih “Settings”, pilih “Notification”, lalu geser ke Off. Di Line, semua notifikasi ini juga sudah meliputi notifikasi dari grup.

Line Chat Notification-2

Nah, dengan adanya cara ini, kamu bisa lebih terbebas dari gangguan ringtone khas BBM atau Line, dari seseorang atau grup tertentu.

Semoga bermanfaat… :)

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Televisi dan Teknologi? Why not both Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi