Cara Membaca File HEIF dan HEVC di Windows 10 (1)

Secara default, Windows 10 tidak mendukung file dengan format HEIF dan HEVC, tetapi semenjak Windows 10 versi 1803 alias April 2018 Update, kamu dapat membawa kedua format file ini. Meskipun bukan merupakan dukungan secara native, melainkan harus menginstall ekstensi tambahan untuk aplikasi Photos.

High Efficiency Image File Format (HEIF) dan High Efficiency Video Coding (HEVC) sendiri merupakan format yang memiliki beberapa keuntungan seperti ukuran file yang lebih kecil dari format biasa tetapi tidak akan mengurangi kualitas dari file itu sendiri. Kedua format ini mulai dikenal semenjak Apple menggunakannya dalam update iOS 11 atau semenjak Google menggunakannya pada Android P.

Membaca File HEIF dan HEVC di Windows 10

  1. Download ekstensi untuk membaca file HEIF dan HEVC melalui Microsoft Store.Cara Membaca File HEIF dan HEVC di Windows 10 (2)
  2. Tunggu proses download dan installasi hingga selesai. Pastikan kamu mendownload keduanya (jangan salah satu saja) agar file dapat dibaca.
  3. Done.

Perlu kamu ketahui bahwa ekstensi ini hanya bekerja pada aplikasi File Explorer, Photos dan Movies & TV aja. Jadi selain aplikasi tersebut, kamu tidak dapat membaca format file HEIF ini.

Jika ingin menghilangkan ekstensi ini, kamu dapat uninstallnya melalui halaman Settings > Apps > Apps & features. Semoga bermanfaat.

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.