Home Basic Cara Memblokir Run di Windows

Cara Memblokir Run di Windows

Cara Memblokir Run di Windows (1)

Windows Run atau yang lebih dikenal sebagai ‘Run’, tentu bukan merupakan hal yang asing pada ekosistem Windows. Karena ada banyak yang dapat dilakukan melalui Run, misalnya menjalankan sebuah program, menuju path tertentu pada file explorer, dsb dengan mudah.

Karena fitur ini cukup powerful, maka ada baiknya bagi kamu yang seorang administrator dimana tidak ingin adanya orang lain mengakses fitur ini. Hal ini biasanya dapat diaplikasikan ke PC komersil seperti PC publik atau warnet.

Memblokir Run di Windows

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke path Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.
  3. Pada sub folder Policies, klik kanan lalu pilih New – Key dan beri nama Explorer. Jika folder ini sudah ada, maka kamu bisa skip ke langkah selanjutnya.Cara Memblokir Run di Windows (2)
  4. Pada sub folder Explorer, klik kanan pada panel kanan lalu pilih New – DWORD (32 – Bit) dan beri nama NoRun.Cara Memblokir Run di Windows (3)
  5. Klik 2x pada key NoRun, lalu ganti valuenya menjadi 1. Jika sudah, klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Memblokir Run di Windows (4)
  6. Tutup jendela Registry Editor.
  7. Reboot ulang sistem atau Restart Explorer.

Dengan begitu, maka pengguna akan mendapatkan pesan ketika mencoba untuk mengakses Windows Run (WinKey + R).

Cara Memblokir Run di Windows (5)

Untuk mengembalikannya keawal, cukup lakukan langkah yang sama sepert diatas dan ganti valuenya menjadi 0 atau hapus key NoRun.

Nah itu dia cara untuk memblokir akses ke Windows Run. Jika kamu memiliki pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.