Pernah gak kalian menemukan sebuah CD/DVD, Flashdrive atau bahkan file ISO, IMG, dan sebagainya, ketika kita masukan atau Mount kedalam system kita, akan menampilkan sebuah Pop Up Windows yang langsung menampilkan pilihan instalasi, play atau perintah lainnya sesuai dengan jenis program atau file yang telah di mount sebelumnya?. Jawabannya adalah karena adanya script autorun yang terintegrasi kedalam program/CD atau Flasdrive tersebut, sehingga cd atau flashdrive yang kalian mount akan langsung menampilkan popup autorun, bahkan icon flashdrive atau cdnya pun akan berubah sesuai dengan program tersebut.

Jika kalian ingin membuat Program yang kalian burn atau copy kedalam flashdrive berjalan secara otomatis / autorun, maka kalian bisa secara manual memasukan perintah script pada cd atau flashdrive kalian.

Berikut Winpoin kasih Cara Membuat Autorun di Flashdrive

  1. Masukan Program Pilihan kamu kedalam Flashdrive.

Cara Membuat Autorun di Flashdisk

Catatan : Tidak semua program support untuk autorun.

  1. Gunakan Text Editor Favorit kalian, disini saya menggunakan Sublime Text sebagai Text Editor, kalian bisa menggunakan Notepad atau Notepad++ sebagai alternative.
  2. Masukan Perintah Persis seperti berikut:

Cara Membuat Autorun di Flashdisk

Jika kalian akan memasukan program 64 bit, maka masukan variabel “.Amd64” dibelakang autorun.

Cara Membuat Autorun di Flasdisk

Catatan : Huruf besar kecil pada tulisan autorun tidak mempengaruhi fungsi yang akan dimunculkan.

open = adalah perintah dimana autorun akan menjalankan program yang kalian simpan di flashdrive atau cd.

Icon = adalah perintah dimana agar icon flashdrive/cd kalian berubah menyesuaikan dengan icon pilihan kalian.

3. Jika sudah selesai, Save dan Masukan di lokasi Flashdrive kalian, dan berinama autorun.inf

Cara Membuat Autorun di Flashdisk

 Catatan : Dalam komputasi, file INF atau Informasi Pengaturan file adalah file teks biasa yang digunakan oleh Microsoft Windows untuk instalasi perangkat lunak dan driver. File INF paling sering digunakan untuk menginstal driver perangkat untuk komponen perangkat keras. Windows termasuk alat IExpress untuk pembuatan instalasi berbasis INF. File INF merupakan bagian dari API Pengaturan Windows dan penggantinya, Windows Installer. (via Wikipedia)

4. Jika sudah selesai, silahkan Eject flashdrive kalian dan masukan kembali, apakah ada perubahan?

Cara Membuat Autorun di Flashdisk

Jika Icon sudah berubah maka file autorun tadi sudah berhasil, namun perlu diperhatikan bahwa autorun ini tidak mendukung semua program sehingga ada kemungkinan icon berubah namun autorun tidak muncul.

Terdapatnya file autorun yang kita buat manualpun akan mencegah virus yang memang selalu membuat autorun berjalan sendiri karena virus terkadang tidak bisa mereplace file autorun yang telah ada.

Bagaimana menurut kalian? Tertarik untuk mencoba?

  RIP Windows Phone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.