Home PC Cara Membuat Mbak Cortana Memilih Mbah Google daripada Om Bing Sebagai Search...

Cara Membuat Mbak Cortana Memilih Mbah Google daripada Om Bing Sebagai Search Engine

Inilah Penampakan Awal Cortana di Windows 10Harus diakui, Cortana merupakan virtual assistant yang brilian. Akan tetapi, ketika Mbak Cortana tidak tahu jawaban dari pertanyaan kita, dia akan merujuk ke Om Bing untuk mencari jawabannya. Sayangnya, tidak sedikit dari kita lebih memilih Mbah Google daripada Om Bing sebagai mesin pencarian.

 

 

Cortana feat googleNah, berikut cara agar Mbak Cortana memilih Mbah Google daripada Om Bing.

  1. Pertama download dan install Google Chrome. (saya yakin kamu sudah bisa hehehe).
  2. Berikutnya, jadikan Google Chrome sebagai default browser. Caranya masuk ke setting dengan menekan Windows + I.
  3. Pilih System>Default apps.Chrome default
  4. Pada bagian Web browser, pilih Google Chrome.
  5. Nah selanjutnya buka Chrome Web Store untuk  mendownload Chrometana menggunakan link ini.
  6. Klik tombol Add to Chrome di pojok kanan.chrometana-extension-cortana-search
  7. Setelah extension terpasang, kamu akan diarahkan ke sebuah halaman yang memilih search engine apa yang akan kamu pakai. Nah, selanjutnya pilih Google.Chrometana

Nah selesai deh, berikutnya jika kamu mau mencari apapun melalui Cortana kamu akan secara otomatis diarahkan menggunakan Google. Sejatinya, Chrometana tidak mengganti setting apapun di Cortana. Sistem kerjanya hanya Chrometana mengarahkan kata kunci yang masuk ke Chrome pada mesin pencarian Google. Untuk fitur utama Cortana, seperti jawaban instan, berita, cuaca, dan lain sebagainya masih diatur oleh Bing.

Duh malang bener deh nasib dari Om Bing, cuma dijadikan sampingan sama Mbak Cortana yang memilih mbah Google sebagai pasangan jalan-jalannya.

bingNah bagaimana menurutmu? Apakah sebaiknya update Windows kedepannya Cortana diberikan opsi untuk memilih mesin pencarian? Bagikan pendapatmu disini ya. :)

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.