Home PC Cara Membuat Partisi Read-only di Windows 10

Cara Membuat Partisi Read-only di Windows 10

Dengan cara ini data dan partisi kamu tidak bisa diutak-atik oleh si tangan jahil..

Cara Membuat Partisi Read-only di Windows 10 (1)

Kali ini WinPoin akan memberikan tutorial mengenai cara membuat suatu partisi menjadi Read-only di Windows 10.

Dengan menjadikan partisi menjadi Read-only maka, kamu bisa mengecah tangan-tangan jahil mengutak-atik partisi tersebut, terlebih jika kamu seorang pengelola warnet, maka selain bisa menggunakan software Deep freeze, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mengecah perubahan isi terhadap suatu partisi.

Membuat Partisi Read-only di Windows 10

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah diskpart.Cara Membuat Partisi Read-only di Windows 10 (2)
  3. Kemudian ketikan perintah list volume untuk menampilkan daftar partisi yang tersedia.Cara Membuat Partisi Read-only di Windows 10 (3)
  4. Jika kamu sudah menentukan partisi mana yang ingin dijadikan Read-only, ketikan perintah select volume #, dimana tagar (#) adalah nomor dari daftar partisi yang tersedia. Disini WinPoin akan memilih volume 3, jadi perintah yang diberikan adalah select volume 3.Cara Membuat Partisi Read-only di Windows 10 (4)
  5. Ketika partisi sudah dipilih, langkah selanjutnya adalah menjadikannya sebagai Read-only. Caranya dengan mengetikan perintah attributes volume set readonly.Cara Membuat Partisi Read-only di Windows 10 (5)

Dengan begitu maka partisi tersebut berhasil dijadikan Read-only. Semua konten file didalam partisi tersebut tidak akan bisa dihapus ataupun ditambahkan. Ketika mencoba untuk menambahkan file baru, maka akan muncul peringatan.

Cara Membuat Partisi Read-only di Windows 10 (6)

Untuk mengembalikannya seperti semula, ikuti langkah yang sama seperti diatas hingga tahap ke 4, lalu ketikan perintah attributes volume clear readonly.

Cara Membuat Partisi Read-only di Windows 10 (7)

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.