Microsoft Pensiunkan Windows 10 1709 (Fall Creators Update) Minggu Depan!

Windows 10 memungkinkan kita untuk membuat shortcut desktop ke aplikasi, file folder, dan bahkan situs web. Ikon desktop mungkin kelihatan terkesan ‘ketinggalan zaman’ karena memang sudah digunakan sejak era Windows 90-an, tapi hingga sekarang sistem ini juga masih bermanfaat.

Cara Membuat Shortcut ke Aplikasi

Untuk membuat shortcut dengan mudah dari Windows 10, kamu cukup drag and drop dari Start Menu. Kamu cukup mencari dari daftar aplikasi atau Live Tile yang sudah kamu buat di start menu, lalu bisa kamu seret dari sana.

Saat kamu menyeret shortcut tersebut, maka kamu akan melihat kata “Link” muncul saat kamu menyeretnya ke arah desktop. Lepaskan tombol mouse untuk membuat tautan ke program.

Cara Membuat Shortcut ke File atau Folder

Jika ada file tertentu yang sering kamu buka sehingga untuk mengaksesnya lebih cepat kamu perlu membuat shortcutnya pada desktop, maka kamu cukup membuka File Explorer untuk menemukan file, kemudian drag and drop menggunakan mouse ke desktop kamu. Shortcut akan segera tercetak di desktop, dan kamu bisa membuka file ini dari desktop.

Cara Membuat Shortcut ke Situs Web

Mungkin ada website tertentu yang sering kamu akses, maka kamu bisa membuat shortcutnya di desktop agar lebih cepat mengakses website ini. Kamu cukup membuka website tersebut di browser, lalu menyeret alamat webnya ke bagian kosong di desktop kamu. Maka akan tercipta shortcut yang jika diklik akan langsung membuka website langganan kamu.

Cara Mengatur Shortcut

Merasa kurang cocok dengan nama shortcut kamu? Kamu bisa klik kanan pada shortcut dan memilih Rename untuk mengubah namanya menjadi apa pun yang kamu inginkan.

Desktop kamu terlihat kosong dan shortcut tidak tampil? Mungkin kamu lupa untuk menampilkan ikon desktop. Klik kanan pada desktop, lalu pilih View > Show Desktop Icons untuk memunculkan ikon desktop tersebut.


Itulah beberapa trik untuk membuat shortcut dengan mudah di Windows 10. Punya tips lain seputar shortcut? Berikan saranmu di kolom komentar!

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.