Jika kamu ingin mendapatkan sebuah fitur yang otomatis mengubah tema dari Dark ke Light secara otomatis berdasarkan waktu tertentu, seperti yang sudah diperkenalkan Apple pada versi Mac OS Catalina, sebenarnya di Windows 10 pun bisa loh, hanya saja memang memerlukan sebuah aplikasi pihak ketiga tambahan.

Aplikasi ini disebut dengan Auto Dark Mode for Windows 10, kamu bisa mendownload aplikasi ini dari halaman GitHub berikut. Setelah melakukan instalasi, kamu bisa langsung saja membuka aplikasi Auto Dark Mode ini.

Cara Konfigurasi

Untuk konfigurasinya sendiri mudah saja, pertama kamu perlu mengaktifkan ‘Enable automatic theme switching’, selanjutnya pada Apps, System dan Edge biarkan saja default seperti gambar diatas. Yang paling penting untuk mengatur tema secara otomatis berdasarkan jam adalah, kamu ubah saja jam sesuai dengan keinginan kamu pada ‘Custom start time’, kamu bisa menyesuaikan jam berapa kamu ingin mengaktifkan Light Mode atau Dark Mode, contohnya seperti gambar dibawah, dimana saya ingin mengaktifkan Light Mode mulai jam 8 pagi, dan Dark Mode mulai jam 6 sore.

Selain itu kamu bisa juga mengatur jam berdasarkan locations service, hanya saja kamu diwajibkan untuk mengaktifkan fitur locations service di Windows 10 kamu pada halaman Settings > Privacy > Locations.

Pastikan kamu sudah mengaktifkan pada ‘Allow access to locations on this devices’ dan ‘Allow apps to access your locations’, yang mana setelah diaktifkan, fitur ‘Use Location Service‘ ini akan berjalan dan mulai mencari lokasi dimana kamu berada, sehingga akan menyesuaikan dengan waktu terbenam dan terbitnya matahari.

Pengalaman Pemakaian

Selama kurang lebih tiga hari ini saya menggunakan aplikasi Auto Dark Mode di Windows 10 yang saya gunakan, bisa dibilang fitur ini membantu sekali terutama bagi para pengguna yang lebih senang dengan Light Mode disiang hari dan Dark Mode di malam hari, jadi dengan aplikasi ini kamu enggak perlu lagi masuk ke Settings > Personalizations > Colors, untuk mengubah tema secara manual.

Nah jika kamu ingin mencoba aplikasi ini, silahkan kamu download Auto Dark Mode for Windows 10 dihalaman berikut, dan jangan lupa berikan pendapat dan opinimu mengenai aplikasi ini dikolom komentar dibawah guys. Satu lagi yang keren nih… aplikasi ini Gratis!

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.