Perlu kamu ketahui, terdapat dua tipe dari bad sectors — hard dan soft. Hard bad sectors adalah masalah bad sectors yang berhubungan dengan kerusakan secara fisik, sementara soft bad sectors berkaitan dengan data error pada ruang penyimpanan.

Indikasi bahwa terjadinya bad sectors pada Flashdisk bisa diketahui ketika memindahkan data, dimana akan muncul pesan “A disk read error occurred“, “can’t read from the source file or disk“, atau “Location is not available”.

Jika hal tersebut terjadi, maka kamu bisa coba menggunakan cara dibawah ini untuk memperbaiki bad sectors pada Flashdisk tanpa perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ke-3.

Memperbaiki Bad Sectors di Flashdisk

  1. Tancapkan Flashdisk dan buka File Explorer.
  2. Klik kanan pada Flashdisk, kemudian klik opsi Properties.
  3. Navigasi ke tab Tools, kemudian klik opsi Check now pada menu Error-checking.
  4. Ikuti instuksi dilayar dan sistem akan melakukan pengecekan terhadap Flashdisk. Lama tidaknya tergantung dari besarnya ruang penyimpanan serta banyaknya file yang perlu diperiksa.
  5. Done.

Opsi lain yang juga bisa kamu pilih adalah dengan melalui Command Prompt.

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah chkdsk /f /R N: dimana kamu bisa mengganti N dengan letter drive Flashdisk yang ada.
  3. Tunggu prosesnya hingga selesai, lama tidaknya bergantung pada besarnya ruang penyimpanan serta banyaknya file yang perlu diperiksa.
  4. Done.

Perlu diingat bahwa cara ini hanya akan memperbaiki bad sectors yang bersifat soft saja. Jika bad sectors yang berhubungan dengan kerusakan Flashdisk secara fisik, maka cara diatas tidak akan memperbaikinya.

  Android 11 Mundur, Fitur Baru Twitter dan YouTube 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.