via Stellar

Apakah kamu pernah mengalami situasi di mana file-file gambar milikmu, termasuk JPG, PNG, atau Bitmap, tiba-tiba tidak bisa dibuka menggunakan viewer default milik Windows 10, Photos? Ketika mencoba membukanya, kamu mendapati pesan error “Invalid value for registry“?

Ini berarti terjadi error pada aplikasi Photos milikmu. Tentu saja peristiwa ini cukup mengesalkan karena di sebagian besar PC/laptop berbasis Windows 10, Photos app menjadi aplikasi default yang diandalkan untuk membuka foto dan gambar. Lalu bagaimana mengatasi masalah ini? Sangat mudah!

Terlebih dahulu, kamu perlu menuju Settings > Apps > Apps & Features untuk kemudian mencari aplikasi Photos (kamu bisa memanfaatkan kolom Search in this list yang disediakan). Namun dalam banyak kasus, biasanya aplikasi Photos tidak bisa diakses dengan cara ini karena memang sedang error. Jika bisa mengaksesnya, maka kamu tinggal mengklik aplikasi Photos tersebut untuk membuka Advanced Options.

Namun jika cara ini tidak berhasil karena kamu gagal menemukan Photos, maka kamu perlu mencoba alternatif kedua.

Cara alternatifnya adalah dengan mengetikkan Photos di Search Bar atau Cortana Windows 10. Klik kanan pada aplikasi Photos, dan kamu akan mendapati opsi App settings dengan ikon roda gigi.

Dari sini kamu akan bisa masuk ke pengaturan Microsoft Photos. Gulir ke bawah untuk menemukan opsi Reset. Klik tombol Repair, dan setelah selesai, klik tombol Reset. Proses akan selesai jika muncul tanda centang pada dua opsi tersebut.

Setelah melakukan prosedur ini, maka kamu dapat membuka file gambar dari Photos App kembali. Sangat mudah bukan?

 

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.