Home Tutorial Cara Mempercepat dan Mengoptimalkan Word Flow di Windows 10 Mobile

Cara Mempercepat dan Mengoptimalkan Word Flow di Windows 10 Mobile

Pada masa jayanya, mungkin kamu mengenang Windows Phone sebagai salah satu perangkat dengan keyboard terbaik. Bahkan faktanya, pada tanggal 16 Januari 2014, Word Flow keyboard memecahkan Guiness World Records™ sebagai ‘pengetik SMS tercepat’ menggunakan ponsel layar sentuh. Apa perangkat yang digunakan saat memecahkan rekor dunia tersebut? ‘Hanya’ sebuah Lumia 520!

Blogger Windows Phone fanatik favorit saya, Steve Litchfield, berbagi tips yang baru saja ditemukannya (dari seorang pengguna Windows Mobile 10, yaitu Dave) untuk mempercepat Word Flow pada Windows 10 Mobile agar secepat era Windows Phone 8/8.1. Ternyata selama ini keyboard Windows 10 Mobile tidak semulus pendahulunya, adalah dikarenakan fitur-fitur tambahan yang dibenamkan Microsoft, antara lain Speech dan Speech inking & typing. Jika kita mematikan fitur tersebut, maka kita akan mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih mulus saat memanfaatkan Word Flow! Bagaimana caranya?

Menemukan Speech inking & typing ternyata cukup susah. Namun kamu bisa memintasnya dengan praktis, cukup mengetikkannya pada layar pencarian. Buka Settings, lalu ketik di bilah pencarian ‘Sp’ (yang merupakan huruf depan dari Speech inking & typing.

Nah, kamu akan langsung menemukan opsi tersebut di layar. Tap pada Speech inking & typing, maka kamu akan dinavigasikan ke layar pengaturan yang menjelaskan bahwa Cortana berupaya mengenali suaramu, yang mana akan dimanfaatkan untuk pengalaman mengetik lewat suara (Speech typing) yang lebih personal.

Kamu cukup mematikan pengaturan ini dengan mengetuk Stop getting to know me. Kamu akan menemukan dialog box turn off, yang perlu diketuk untuk mematikan fitur tersebut.

Nah, dengan cara ini, maka kamu akan mendapatkan pengalaman Word Flow yang lebih mulus. Terus terang perbedaannya tidak begitu terasa di perangkat saya, yaitu Lumia 950, namun bakal terasa lebih mulus jika kamu menggunakan low end atau mid end seperti Lumia 535 dan Lumia 640. Efek samping dari mematikan fitur ini adalah: Kamu tidak dapat mengakses fitur speech to type. Tapi terus terang, fitur ini toh jarang sekali digunakan. Jadi tidak akan mengganggu pada pemakaian sehari-hari.

Punya tips lain untuk mengoptimalkan keyboard Word Flow di Windows 10 Mobile? Sumbangkan wawasan kamu di kolom komentar!

 

  Cara Mematikan Update Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta