Banyak tidaknya ekstensi yang terpasang tentunya refrensi masing-masing dan sesuai dengan kebutuhan pribadi. Namun terdapat satu hal yang cukup menanggu bagi pengguna Chrome, dimana setiap ekstensi yang terpasang akan berjejer pada toolbar.

Untungnya pada update terbaru Google Chrome, Google berencana untuk membuat tampilan ekstensi menjadi lebih rapih dengan memasukannya pada menu secara terpusat.

Memunculkan Menu Ekstensi di Google Chrome

Karena ini masih merupakan pengembangan internal, maka kamu perlu menggunakan trik untuk mengaktifkannya melalui flag.

  1. Masukan alamat chrome://flags pada URL bar Google Chrome.
  2. Lalu gunakan fitur search dan masukan keyword Extensions toolbar.
  3. Kemudian ganti menjadi Enabled dan terakhir restart ulang Chrome dengan klik opsi Relaunch Now.
  4. Chrome akan menutup lalu membuka kembali browser, tab yang sebelumnya kamu buka akan terbuka kembali. Tetapi pastikan saja kamu juga menyimpan pekerjaan jika ada.
  5. Done.

Ketika Chrome sudah kembali terbuka, maka kamu akan mendapati icon puzzle pada toolbar. Saat diklik, akan tertampil semua ekstensi yang kamu pasang.

Selain itu tampilan baru ini juga memisahkan antara ekstensi mana yang dapat mengakses informasi pada site dan mana yang tidak.

Sebenarnya terdapat opsi Pin ketika kamu klik kanan pada salah satu ekstensi. Tetapi hingga artikel ini ditulis, tidak ada efek yang terjadi dimana harusnya ekstensi akan disematkan pada toolbar. Tetapi mengingat fitur ini masih dalam tahap eksperimen, tentu kedepannya diharapkan akan bekerja pada update selanjutnya.

Bagi kamu yang ingin mencobanya, pastikan versi Google Chrome yang kamu gunakan adalah Chrome 76.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.