Sebuah liputan mengindikasikan bahwa Microsoft serius untuk menghadirkan laptop dual screen bagi konsumen. Redmond menyatakan bahwa mereka telah melakukan kerja sama intens dengan Intel untuk mengembangkan standar umum dan membentuk masa depan untuk perangkat laptop dual screen.

DigiTimes mengklaim memiliki bukti bahwa Microsoft dan Intel sudah mulai menetapkan standar untuk laptop dual screen, dan standar ini mungkin akan memperluas teknologi laptop biasa lainnya, misalnya menghadirkan laptop dengan layar lipat, yang mana keyboard akan dihadirkan terpisah untuk laptop ini.

Pada tahun 2019 ini, sudah ada banyak paten dan konsep dari Microsoft yang berupaya untuk mengoptimalkan perangkat mereka selanjutnya. Jika Microsoft masih berupaya untuk mengolah laptop dual screen, Lenovo sudah memamerkan prototype tablet lipat ThinkPad X1 miliknya. Dell juga mengindikasikan adanya produk XPS dual screen yang akan dirilis tahun depan. Dari Microsoft sendiri ada rumor mengenai perangkat Surface baru yang diberi nama Surface Centaurus, yang salah satu fiturnya memfokuskan layar ganda. Perangkat Surface ini diharapkan akan menciptakan tren seperti halnya perangkat Surface yang sudah-sudah.

Paten Microsoft yang sudah beredar juga memastikan adanya dua layar yang bisa menampilkan satu konten secara bersamaan. Kedua layar ini juga bisa digunakan untuk berinteraksi dengan optimal, hanya saja belum diketahui seperti apa skema interaksi yang dapat membantu pengguna meningkatkan produktivitas jika menggunakan perangkat ini.

Jika kita melihat pemilihan nama Centaurus pada perangkat Microsoft ini, ada kesan perangkat ini akan dapat menjalankan dua fungsi (Centaurus adalah manusia setengah kuda) – Apakah ini pertanda bahwa Surface Centaurus dapat menjalankan fungsi ponsel/tablet dan laptop?

Oke, referensinya terlalu tua. Maafken.

Microsoft sendiri sudah mempersiapkan versi Windows yang bisa dijalankan di perangkat tersebut, kemungkinan Windows lite, untuk memungkinkan perangkat ini berjalan dengan jauh lebih gesit. Apakah perangkat ini akan diumumkan bersamaan dengan acara Surface Oktober mendatang? Kita nantikan kabar selanjutnya.

Sumber: Techradar

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.