Home PC Cara Mendapatkan “Calendar and Date” lama pada Windows 10

Cara Mendapatkan “Calendar and Date” lama pada Windows 10

mendapatkancalendarlama_0

Windows 10 memang membawa banyak perubahan baik dari segi fitur maupun tampilan yang ada. Dari segi tampilan memang banyak perubahan yang dilakukan oleh Microsoft dengan merubah tampilan Win32 Apps yang lama dengan tampilan modern yang lebih smooth untuk dipandang, salah satunya pada bagian ‘Calendar and Date‘.

Semenjak munculnya build 10049, Microsoft melakukan perubahan tampilan pada Calendar and Date dengan membuatnya lebih modern dari tampilan sebelumnya. Tetapi dengan sedikit sentuhan tweak registry, kamu dapat mengembalikan ke tampilan lama layaknya Windows 8.1 atau Windows 7.

Berikut kali ini saya akan memberikan cara untuk mengembalikan kembali tampilan lama Calendar and Date di Windows 10.

Pertama buka kotak RUN (WinKey + R) lalu ketikan ‘regedit‘.

mendapatkancalendarlama_1

Lalu navigasilah ke path key ‘HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell‘. Kemudian pada panel kanan, buat DWORD lalu beri nama ‘UseWin32TrayClockExperience‘.

mendapatkancalendarlama_2

Kemudian isi valuenya dengan angka ‘1‘. Setelah selesai tutup jendela regedit.

mendapatkancalendarlama_3

Setelah itu cek kembali Calendar and Date, maka akan berubah jadi tampilan lama ala Win32 Apps.

Alternatif lain yang dapat kamu lakukan jika tidak ingin repot-repot membuka regedit, kamu dapat mengetikan perintah ini di Command prompt as Admin.

reg add HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell /v UseWin32TrayClockExperience /t REG_DWORD /d 1

Dan untuk mengembalikannya (menghapus reg tersebut), ketikan perintah.

reg delete HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell /v UseWin32TrayClockExperience /f

Atau jika kamu juga tidak ingin melalui Command prompt, kamu dapat mendownload file .reg disini. Kemudian jalankan file reg tersebut dengan begitu maka reg akan terinstall secara otomatis.

That’s it!, Source @WinAero

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.