Lagi, fitur baru kembali dihadirkan oleh Microsoft ke Edge Chromium, pada update Edge versi 78.0.240 (Canary), Microsoft kali ini menambahkan salah satu fitur wajib ada pada browser yakni Caret Browsing.

Caret Browsing sendiri merupakan fitur yang ada semenjak era Internet Explorer. Jadi fungsi fitur ini adalah selain menggunakan Mouse untuk bernavigasi pada halaman web, pengguna juga bisa menggunakan tombol pada keyboard seperti Home, End, Page Up, Page Down, dan anak panah (←↑→↓). Pada Internet Explorer, cara mengaktifkan fitur ini adalah dengan menekan tombol F7.

Sekarang fitur Caret Browser telah hadir pada Edge Chromium. Hanya saja hingga saat ini cara untuk mengaktifkan opsinya terlebih dahulu melalui experimental feature (flags). Kedepannya mungkin akan lebih dipermudah seperti Internet Explorer yang hanya perlu menekan F7.

Mengaktifkan Caret Browsing di Microsoft Edge Chromium

  1. Pastikan kamu telah update ke Edge versi terbaru yakni 78.0.240 .
  2. Pada bar URL, masukan halaman edge://flags/#edge-caret-browsing.
  3. Selanjutnya setting pengaturannya ke Enabled dan Restart untuk mendapatkan perubahan.
  4. Ketika browser sudah melakukan restart, kamu dapat menekan F7 / Fn+F7 dan klik Turn on untuk mengaktifkan Caret Browsing.
  5. Done.

Begitu fitur ini aktif, maka akan terdapat Pointer yang dapat kamu kendalikan dengan tombol keyboard.

Tentunya fitur ini berguna bagi kamu yang sedang tidak ingin menggunakan mouse untuk bernavigasi. Jika tidak ingin menggunakannya, cukup tekan kembali F7 / Fn+F7 lalu pilih Turn off.

  Secepat Apa Smartfren 5G..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.