Cara Mengetahui Password Pernah Dibobol Hacker Atau Tidak

Akhir-akhir ini semakin sering kita dengar berita mengenai pembobolan sistem keamanan dan akun pribadi yang berawal dari akses seorang hacker ke akun pribadi (untuk berjaga-jaga, kamu perlu melihat apakah akun kamu pernah dibobol hacker atau tidak). Sekedar mengingatkan, bukan ide bagus menggunakan tanggal ulang tahun, nama kucing kesayanganmu, atau nama waifu tercinta sebagai password. Tapi kalau tidak begitu, sulit dong? Jangan kuatir. Ada generator password online yang bisa membantu kamu untuk membuat password yang kuat dan unik untuk digunakan di akun kamu.

Apa itu Password kuat?

Password yang kuat memiliki dua ciri inti: panjang dan keunikan. Panjang password akan memengaruhi berapa lama waktu yang diperlukan hacker untuk memecahkan password tersebut. Jika menggunakan brute force, maka semakin panjang password milikmu, akan semakin lama waktu yang dibutuhkan hacker untuk menebak kombinasinya.

Ciri yang kedua adalah keunikan. Ini berakar dari tingkat ‘keacakan’ dari password tersebut. Misalnya, password yang terdiri dari beberapa angka seperti 012345 tentu akan lebih mudah ditebak dibandingkan jika kita menggunakan angka yang lebih acak disertai karakter unik, misalnya K1k1@Ed3lyn.

Persyaratan password kuat yang tricky ini menjadikan tidak banyak orang yang suka menyusun password sendiri untuk digunakan. Namun, kita bisa memanfaatkan tool online untuk membuat password kuat yang sesuai kategori tersebut. Berikut ini 5 Generator Password Online untuk membuat password kuat!

1| LastPass

LastPass Password Generator Tool berasal dari sumber yang tepercaya. Mungkin kamu sering mendengar aplikasi LastPass yang sering digunakan di ponsel baik iOS maupun Android? Nah, tool online ini berasal dari perusahaan yang sama. Selain pembuat password kuat, LastPass juga memberikan layanan password manager untuk kamu yang tidak ingin bersusah payah mengingat password yang kamu gunakan.

2| Dashlane

Dashlane memiliki banyak kemiripan dengan LastPass. Kamu bisa mengatur jumlah huruf, angka, simbol, dan panjang password dengan alat ini. Animasi pembuatan passwordnya juga cukup keren dan enak dilihat.

3|Perfect Passwords

Perfect Passwords ini berasal dari developer terkenal, yaitu Steve Gibson. Beliau merupakan ahli keamanan IT yang tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Perfect Password hasil kreasi Gibson ini menggunakan algoritme yang powerful untuk menciptakan keunikan yang susah ditandingi. Bahkan jika diizinkan, Perfect Password juga bisa memilihkan karakter ASCII yang tentu saja akan menjadikan hacker lebih sulit lagi untuk menebak password kamu.

4|Secure Password Generator

Secure Password Generator adalah tool online yang sangat mudah digunakan dan memberikan kendali lebih baik bagi pengguna yang menginginkan kombinasi karakter yang rumit dan susah untuk ditebak. Satu kelebihan dari tool ini adalah memiliki opsi Generate on Your Device, yang berarti bahwa password ini tidak akan dikirimkan ke Internet, tetapi hanya khusus disimpan di perangkat kamu. Ini merupakan sebuah alternatif yang cukup bagus untuk menghindari perangkat kamu dikompromikan secara online.

5|Fitur Bawaan Browser

Chrome dan Mozilla Firefox memiliki fitur bawaan untuk membuat password bertipe acak. Untuk Chrome, Winpoin pernah membahas tentang bagaimana membuat password kuat yang acak menggunakan browser ini.

Caranya adalah membuka tab chrome, ketikkan ini dan tekan Enter untuk membuka fitur eksperimental Google Chrome.

chrome://flags

Kemudian ketikkan passwords, dan di bagian Password generation, atur ke posisi Enabled.

Google Chrome Punya Password Generator Tersembunyi, Ini Cara Menggunakannya

Jika sudah maka notifikasi relaunch akan muncul, tekan saja RELAUNCH NOW. Setelah Chrome restart, maka fitur ini Password Generator Chrome akan aktif dan bisa kamu gunakan untuk membuat password yang unik dan kuat.

Sedangkan untuk Firefox, caranya sangat mudah. Terlebih dahulu kamu perlu memastikan apakah Firefox kamu sudah di versi Firefox 69. Ketika kamu ingin membuat akun baru di website atau layanan tertentu, kamu tinggal klik kanan pada kolom password, lalu pilih Use Generated Password.


Nah, itulah 5 tool online yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan password kuat demi keamanan akun-akun kamu, terutama akun yang terkait dengan urusan finansial. Apakah kamu punya usulan lain yang mungkin terlewatkan oleh saya? Sumbangkan pendapat kamu di kolom komentar!

Sumber: Makeuseof

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.