Home PC Cara Mengetahui Apakah Akun Kamu Pernah Dibobol Hacker

Cara Mengetahui Apakah Akun Kamu Pernah Dibobol Hacker

Cara Mengetahui Apakah Akun Kamu Pernah Dibobol Hacker

Ratusan juta akun di hack setiap tahunnya, dan mungkin saja akun kamu termasuk didalamnya. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah akun kamu pernah menjadi korban aktivitas hacking ataukah tidak?

Di artikel ini WinPoin akan menunjukkan caranya.

 

Kenapa Ini Penting?

Pertama, tidak sedikit orang yang menggunakan alamat email, username, dan password yang sama di berbagai akun. Jika salah satu akun dimana kamu terdaftar bobol, bukan tidak mungkin akun kamu lainnya bakal dibobol juga.

Bobolnya akun memungkinkan berbagai pencurian data privasi, personifikasi (menggunakan akun kamu untuk menipu orang, sehingga kamu menjadi yang tertuduh), bahkan pencurian finansial (paypal kamu bobol misalnya).

Jadi pengecekan akun ini sangat penting agar kamu terhindar dari berbagai masalah yang tidak diinginkan.

 

Bagaimana Caranya?

Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan layanan Have I Been Pwned. Kamu tinggal mengunjungi websitenya, lalu memasukkan email kamu untuk dilakukan pengecekan.

Cara Mengetahui Apakah Akun Kamu Pernah Dibobol Hacker

Have I Been Pwned bakal melakukan pengecekan dan melihat apakah akun kamu yang terdaftar menggunakan email tersebut pernah menjadi korban hacking.

Jika pernah, maka bakal muncul warning Oh no – pwned!. Jika ingin melihat detail akun apa saja yang pernah bobol, maka kamu harus verified sebagai pemilik email tersebut dengan mendaftarkan diri disini.

Cara Mengetahui Apakah Akun Kamu Pernah Dibobol Hacker

Selain bisa melihat detail akun apa saja yang pernah di-hack, kamu juga bakal mendapatkan notifikasi di kemudian hari jika aktivitas hacking lain di akun kamu tersebut.

Cara Mengetahui Apakah Akun Kamu Pernah Dibobol Hacker

Namun jika akun kamu belum pernah ada yang menjadi korban hacking, maka hasilnya bakal Good news – no pwnage found!

Cara Mengetahui Apakah Akun Kamu Pernah Dibobol Hacker

 

Jika Akun Kamu Menjadi Korban…

Jika akun kamu terdeteksi ada yang pernah terbobol, maka pastikan kamu login ke akun tersebut, lalu mengganti passwordnya.

Pastikan kamu juga login ke semua akun yang memiliki detail email dan password yang sama dengan akun tersebut lalu ubah passwordnya, terutama akun penting seperti sosial media, e-banking, e-payment, email, dsb.

Dengan begitu akun kamu lainnya bakal terselamatkan.

 

Aplikasi “Hacked” untuk Windows 10 PC & Mobile

Cara Mengetahui Apakah Akun Kamu Pernah Dibobol Hacker

Selain melakukannya langsung melalui website Have I Been Pwned dan mendaftar notifikasi email, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Hacked di Windows 10 & Windows 10 Mobile.

Aplikasi ini menggunakan API Have I Been Pwned, melakukan pengecekan selama 12 jam sekali, dan mengabari kamu dengan notifikasi.

Please note bahwa aplikasi ini masih initial release, jadi jangan heran seandainya kamu menemui bugs atau sesekali terjadi error saat digunakan.

Download aplikasi “Hacked” di Windows Store

 

Pilih Mana?

Kamu bebas memilih yang mana, apakah menggunakan aplikasi atau tidak.

Tetapi kalau saya lebih menyukai langsung menggunakan website Have I Been Pwned dan register di Notify me. Menurut saya ini jauh lebih simple karena saya tidak perlu menginstall aplikasi, dan bakal dapat email begitu ada akun saya yang menjadi korban aktivitas hacking di kemudian hari.

 

Itulah cara mengetahui apakah akun kamu pernah menjadi korban aktivitas hacking ataukah tidak.

Bagaimana dengan akun kamu, adakah akun kamu yang pernah dibobol hacker?

Bagikan experience kamu disini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.