Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop

Salah satu fitur yang mengagumkan dari Windows 10 adalah, ia memiliki virtual assistant bernama Cortana. Sayangnya ia hanya tersedia untuk beberapa negara saja. Dan Indonesia tidak termasuk negara yang bisa menggunakan fitur ini.

Lalu kenapa Cortana hadir di Windows 10 kalau semua negara tidak bisa menggunakannya atau memanfaatkannya? Microsoft ingin Cortana menyesuaikan secara khusus setiap bahasa dan budaya sebelum merilisnya secara resmi. Tapi jika kamu sudah tidak sabar ingin mencoba fitur andalan Windows 10 ini, melalui seri Windows 10 Tips ini WinPoin akan memberikan tutorial cara mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop.

 

Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop

Untuk bisa mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop, kamu hanya perlu menggunakan trik yang sama dengan Windows Phone. Kamu hanya perlu mengubah setting region ke negara yang di dukung oleh Cortana untuk bisa menikmati fitur ini.

Cara mengaktifkan Cortana adalah dengan membuka Settings dari Start menu, klik menu Time & language dan pilih kategori Region & language. Pada bagian Country or region, pilih negara yang didukung oleh Cortana. Sebagai contoh, English maka kamu bisa memilih United States atau United Kingdom. Kamu juga bisa memilih France untuk negara Perancis, Spain untuk Spanyol, Germany untuk Jerman, Italy untuk Itali dan Mandarin untuk China.

Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop

Kamu tidak perlu menguna pengaturan Language, hanya perlu mengubah pengaturan Country or Region. Sekarang kamu bisa menikmati fitur Cortana di Windows 10 Desktop.

Cara Mengaktifkan Cortana di Windows 10 Desktop

Karena teknik ini mengandalkan mengubah pengaturan, maka ia akan mempengaruhi semua bagian Windows. Sebagai contoh, Windows Store akan mendeteksi aplikasi untuk negara yang sebelumnya sudah kamu pilih. Jika ada aplikasi yang dikhususkan untuk orang Indonesia, kamu perlu mengubah pengaturan kembali untuk mendownload aplikasi tersebut.

 

Cortana vs Google Now vs Siri (Untuk Negara yang Didukung)

Saat Windows 10 dirilis, Cortana tersedia untuk negara Amerika, Inggris, Perancis, Spanyol, Jerman, Italia, dan Cina. Itulah tujuh negara dari 190 negara yang didukung Cortana di Windows 10.

Microsoft telah mengumuamkan kalau beberapa bulan mendatang setelah perilisan Windows 10, Cortana akan tersedia untuk bahasa Jepang, Australia, Kanada (Inggris), dan India (Inggris). Tahun berikutnya, Cortana akan tersedia untuk bahasa Brazil, Mexico, dan Kanada (Perancis).

Disisi lain ada juga virtual assistant lainnya seperti Google Now dan Siri. Google Now saat ini telah mendukung 79 bahasa termasuk Indonesia, sedangkan Siri hanya mendukung 29 bahasa.

 

Sudahkah kamu mencoba Cortana? Apakah virtual assistant Cortana salah satu fitur andalan Windows 10 ini benar-benar akan membantu kamu? Tinggalkan kesan kamu setelah menggunakan Cortana di kolom komentar di bawah ini.

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.