Home PC Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan User di Windows 10

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan User di Windows 10

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan User di Windows 10 (1)

Ketika kamu memiliki sebuah akun lain (selain Administrator) yang tidak digunakan di Windows 10. Cara yang bisa kamu lakukan adalah menghapusnya, tetapi jika kamu tetap ingin mempertahankan akun tersebut tanpa ingin menghapusnya, maka kamu bisa menon-aktifkannya. Sehingga lain waktu jika membutuhkannya, kamu bisa mengaktifkannya kembali.

Pada tutorial kali ini, WinPoin akan memberikan kamu cara untuk menonaktifkan user di Windows 10, berserta cara mengembalikannya kembali.

Menonaktifkan User di Windows 10

Pertama buka Windows RUN (WinKey + R), lalu ketikan lusrmgr.msc untuk membuka Local user and Group.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan User di Windows 10 (2)

Kemudian navigasilah ke folder User, lalu pada panel kanan, carilah akun user yang ingin kamu non-aktifkan. Jika sudah klik 2x atau klik kanan lalu pilih Properties.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan User di Windows 10 (3)

Selanjutnya berikan tanda centang pada opsi Account is disabled untuk menonaktifkan user, dan hilangkan tanda centang untuk mengaktifkannya kembali. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan User di Windows 10 (4)

Oya, perlu kamu ketahui, cara diatas mungkin hanya bekerja pada edisi Pro, Enterprise, dan Education. Nah untuk edisi Home/Core, kamu dapat menonaktifkannya melalui Command Prompt.

Buka Command Prompt, lalu ketikan perintah dibawah ini.

Net user "Nama User" /active:no

Ganti “Nama User” dengan nama akun yang ingin kamu non-aktifkan. Sedangkan untuk mengaktifkannya kembali, ketikan perintah berikut ini.

Net user "Nama User" /active:yes

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan User di Windows 10 (5)

Dengan begitu, maka akun tersebut tidak akan muncul pada daftar user di layar Sign-in ataupun pada opsi Switch user.

That’s it!

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.