Home PC Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55

Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55

Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55 (1)

Ada kabar baik untuk kamu Bagi kamu pengguna setia browser Mozilla Firefox. Setelah update ke versi 54, kamu dapat melaukan screenshot dengan mudah dengan menggunakan fitur pengambil screenshot bawaan Firefox.

Secara default fitur ini tidak langsung terlihat begitu update ke versi 54 atau 55. Dengan kata lain, kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu secara manual.

Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55

  1. Navigasi ke address bar lalu ketikan about:config.
  2. Ketika muncul peringatan, klik opsi I accept the risk!.Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55 (2)
  3. Pada panel search ketikan/copy, extensions.screenshots.system-disabled. Ketika sudah ketemu, klik 2x untuk mengganti valuenya (defaultnya adalah True) menjadi False.Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55 (3)
  4. Dengan begitu maka icon screenshot akan muncul pada toolbar browser.

Menggunakan Fitur Screenshot

Cara menggunakan cukup mudah, klik icon screenshot lalu mulailah untuk menangap gambar yang diinginkan. Kamu dapat melakukan drag untuk menangkap gambar pada area tertentu, atau klik saja untuk menangkap area berdasarkan area konten tertentu pada website.

Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55 (4)

Kemudian kamu dapat menyimpan gambar tersebut pada komputer atau menguploadnya agar nantinya bisa dibagikan ke orang lain.

Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55 (5)

Begitu diupload, maka otomatis link akan dicopy ke clipboard yang mana kamu bisa langsung paste link ketempat yang kamu inginkan.

Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55 (6)

Selain itu kamu juga dapat menentukan berapa lama gambar akan bertahan yang mana secara default adalah 14 hari, tetapi kamu tetap dapat menggantinya menjadi lebih cepat atau tanpa ada batasan.

Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot pada FireFox 55 (7)

Nah itu dia gaes cara mengaktifkan fitur bawaan screenshot di Firefox, tentunya dengan ini kamu tidak perlu menggunakan add-on ke-3 jika ingin mengambil screenshot pada Firefox. Meskipun fitur ini belum miliki kemampuan untuk mengambil screenshot satu halaman penuh, tetapi disamping itu fitur ini sangat membantu.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.