Home PC Tweak – Menambahkan Opsi Hash Pada Konteks Menu Windows 10

Tweak – Menambahkan Opsi Hash Pada Konteks Menu Windows 10

Tweak - Menambahkan Opsi Hash Pada Konteks Menu Windows 10 (1)

Dalam memastikan keaslian file digital, kita dapat memanfaatkan alogaritma Hash untuk mendapatkan unique identity berupa serangkaian ‘kode unik’. Dengan mendapatkan ‘kode unik’ tersebut, kita dapat mencocokannya dengan asal sumber file tersebut sehingga dapat mengetahui file tersebut telah mengalami perubahan atau tidak. Perubahan yang dimaksud adalah pengeditan isi dari file tersebut atau file tersebut telah disisipi oleh malware/virus.

Sebelumnya WinPoin telah memberikan kamu cara untuk mengetahui keaslian file, baik itu menggunakan bantuan software atau menggunakan Command Prompt. Kali ini, WinPoin akan membuat proses mengeksekusi Hash menjadi jauh lebih mudah lagi, yaitu dengan menggunakan tweak registy, sehingga dapat opsi tersebut pada konteks menu (klik kanan).

Menambahkan Opsi Hash Pada Konteks Menu Windows 10

Untuk menambahkan opsi Hash pada konteks menu, pertama kamu harus mendownload file zip terlebih dahulu yang dapat kamu download disini. File tersebut berisikan dua file reg, satu untuk menambahkan dan menghapus.

Ekstrak lalu klik 2x untuk jalankan file AddHash, klik Run jika muncul peringatan.

Tweak - Menambahkan Opsi Hash Pada Konteks Menu Windows 10 (2)

Lagi, jika muncul UAC dan peringatan, klik saja Yes hingga akhirnya mendapatkan pesan bahwa file registry telah berhasil dikonfigurasi.

Tweak - Menambahkan Opsi Hash Pada Konteks Menu Windows 10 (3)

Selanjutnya kamu bisa langsung mencoba untuk mendapatkan Hash dari file yang diinginkan dengan cara klik kanan Hash – pilih metode cryptography yang diinginkan.

Tweak - Menambahkan Opsi Hash Pada Konteks Menu Windows 10 (4)

Akan terbuka jendela Power Shell (biarkan saja), dan tunggu prosesnya hingga selesai. Cepat atau lambatnya proses tergantung dari ukuran file.

Tweak - Menambahkan Opsi Hash Pada Konteks Menu Windows 10 (5)

Nah itulah dia cara menambahkan opsi hash pada konteks menu Windows 10 untuk memudahkan pengecekan keaslian file. Mudah sekali kan? Jika ada pertanyaan langsung saja sampaikan di kolom komentar.

Credit to TenForum

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.