Home PC Cara Cek Keaslian File di Windows dengan Command Prompt

Cara Cek Keaslian File di Windows dengan Command Prompt

Cara Cek Keaslian File di Windows dengan Command Prompt (1)

Merupakan suatu hal yang wajib dalam memastikan keaslian suatu berkas digital, dengan mengetahui keaslian sebuah file maka dapat memastikan bahwa file tersebut telah dimodifikasi dari sumber aslinya atau rusak/corrupt.

Karena kita tahu bahwa banyak cara yang dapat orang lakukan untuk berbuat kejahatan di dunia internet, asal satunya dengan menyisipkan malware/virus kedalam sebuah file. Maka dari itu memastikan keaslian file merupakan hal yang wajib.

Untuk memastikan file tersebut asli, kita bisa menggunakan methode Checksum dengan mencocokan MD5 atau SHA dari file yang kita dapat dengan sumber aslinya. Contoh kasus seperti saat kamu mendownload file dari sebuah situs, biasanya untuk memastikan file tersebut adalah asli, MD5 atau SHA akan dicantuman pada situs terkait, dari situ kita bisa mendapatkan patokan keaslian file tersebut.

Keaslian File di Windows dengan Command Prompt

Selain kamu dapat menggunakan software bantuan untuk mengetahui keaslian sebuah file, kamu juga bisa melakukannya tanpa menggunakan software dengan melalui Command Prompt. Dengan mengeksekusi perintah Certutil yang ada semenjak Windows 8, maka kamu bisa mengetahui keaslian sebuah file.

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan/copy perintah dibawah ini.
    Certutil -hashfile C:\Users\rizky\Desktop\vlc-2.2.6-win32.exe SHA256
    

    Cara Cek Keaslian File di Windows dengan Command Prompt (2)Dimana kamu dapat mengganti tulisan berwarna merah dengan path dimana lokasi file yang ingin kamu cek, lalu tulisan berwarna biru dapat kamu ganti dengan methode cryptography lainnya seperti SHA512, SHA1, atau MD5.

  3. Jika sudah mendapatkan output yang diinginkan, tinggal cocokan dengan sumber dari file tersebut.Cara Cek Keaslian File di Windows dengan Command Prompt (3)

 

Lalu bagaimana jika sumber dari file tersebut tidak memiliki Checksum?. Sejujurnya cara ini hanya berguna jika sumber file memiliki Checksum, sehingga kita bisa mencocokannya dengan file yang dimiliki. Maka dari itu, pastikan saja kamu mendownload suatu berkas dari sumber yang terpercaya.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.