Home Tutorial Cara Mudah Memastikan Keaslian File ISO Windows (dan File Digital Lainnya)

Cara Mudah Memastikan Keaslian File ISO Windows (dan File Digital Lainnya)

Cara Mudah Memastikan Keaslian File ISO Windows (dan File Digital Lainnya)

Berbeda dengan barang fisik yang bisa kamu teliti bentuk, warna, kekuatan, serta parameter fisik lain untuk melihat keasliannya, di file digital tidak demikian.

File digital bisa dengan mudah dicopy, diedit, dimodif, lalu disebarkan ke publik tanpa bisa kamu ketahui asli tidaknya melalui tampilan fisik.

Namun demikian ada cara mudah untuk memastikan keaslian file digital, termasuk file ISO Windows, yaitu melalui pengecekan hash dari file tersebut.

Selama hash file digital lainnya sama seperti hash yang ditunjukkan oleh pembuatnya, maka bisa dipastikan bahwa file tersebut asli dan belum diotak-atik oleh siapapun.

Hal yang sama juga berlaku di file ISO Windows. Ketika file ISO Windows dirilis, maka bakal ada banyak orang melakukan reupload. Beberapa diantaranya mungkin masih asli (untouch), tetapi sebagian lainnya bisa jadi sudah diutak-atik oleh seseorang.

Untuk itu jika kamu download file ISO Windows di sumber lain selain server official, pastikan hash file yang kamu download sama dengan hash file yang dipublish oleh Microsoft.

 

Cara Cek Keaslian File ISO Windows

Untuk melihat hash file dengan mudah, kamu bisa memanfaatkan tool gratis yang bernama HashTab.

Download HashTab

Setelah kamu download dan install, maka akan ada tab baru di properties context menu (klik kanan > properties) dari File Explorer. Tab ini bernama File Hashes.

Di tab tersebut kamu bisa melihat hash dari file ISO Windows ataupun file digital lainnya, lalu membandingkannya dengan hash yang dipublish oleh Microsoft (atau sang pembuat file).

Contohnya, WinPoin baru saja download file ISO Windows 10 Insider Build 10565 64-bit dari dua sumber yang berbeda. WinPoin pengen mastiin nih apakah kedua file ISO Windows yang udah WinPoin download tersebut asli dan belum diotak-atik oleh sang uploader.

Cara Mudah Memastikan Keaslian File ISO Windows (dan File Digital Lainnya)

 

Maka WinPoin tinggal klik kanan aja file Windows 10 Insider tersebut > properties > buka tab File Hashes.

Cara Mudah Memastikan Keaslian File ISO Windows (dan File Digital Lainnya)

 

Setelah ditunggu sebentar maka detail hash dari file tersebut akan muncul. Algoritma hash yang akan kita gunakan sebagai pembanding adalah SHA-1.

Cara Mudah Memastikan Keaslian File ISO Windows (dan File Digital Lainnya)

 

Kini kamu tinggal paste saja detail hash SHA-1 yang dipublish Microsoft dan bandingkan dengan file tersebut.

Cara Mudah Memastikan Keaslian File ISO Windows (dan File Digital Lainnya)

 

Di contoh ini ternyata file ISO Windows 10 Insider pertama yang kita cek sudah tidak asli lagi, alias sudah diubek-ubek sama uploader. Ditandai dengan tanda silang merah (X) di tab tersebut.

Cara Mudah Memastikan Keaslian File ISO Windows (dan File Digital Lainnya)

 

Hal yang sama juga kita lakukan di file kedua, dan ternyata file ISO Windows 10 kedua yang kita download memiliki file hash yang sama dengan yang disebutkan Microsoft.

Artinya file ISO Windows 10 yang kedua ini asli dan belum diubek-ubek sama siapapun. Ditandai dengan tanda centang yang menunjukkan ada kesamaan hash SHA-1.

Cara Mudah Memastikan Keaslian File ISO Windows (dan File Digital Lainnya)

 

Dengan begitu gunakan file ISO Windows yang kedua karena itulah yang asli, sedangkan yang pertama entah sudah diapain aja sama uploadernya. Hehe.

 

Itulah cara untuk memastikan keaslian file ISO Windows. Microsoft selalu memberikan detail file hash di hampir semua file digital produknya, sehingga kita bisa lebih mudah memastikan keaslian file yang kita download dari sumber non official.

Cara ini bisa kamu gunakan untuk file digital lain, mulai dari installer software, dokumen, dan berbagai macam format file digital lainnya.

Bagaimana, mudah sekali khan untuk cek keaslian file ISO Windows dan file digital lainnya?

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Agil Faisal Rahman

    nah ini dia nih yg suka bikin khawatir… suka ga sama…

  • Kalo file iso buatan handmade bisa berbeda. jadi lebih baik cek hash di file install.wim langsung

  • kalau bisa, lebih baik langsung download di web officialnya, kalau tidak bisa, ya pakai cara diatas :D

    • paling enak emang lgsg dari site officialnya..cuman ya gt..seringkali download ISO Installer untouch lewat torrent lbh ngebut dan gampang dilanjutkan..xixix

      • soalnya kalau dari web official banyak yang mendownload sekaligus di server yang sama, sedangkan kalau torrent bisa cepat kalau banyak seeder nya :D

  • Irwan

    Ilmu

  • Mochammad Reza

    Cantiknya Chloe Grace Moretz…

  • Lee RedBerry

    utk versi kebawah (win7, 8, 8.1) itu cek SHA1 but bisa di bandingin dimana ya??

    • Kalo beli online di Microsoft Store, setiap disediakan link download selalu disediakan detail SHA-1, itu bs dijadikan perbandingan

      Sebagai contoh, kalo aku adalah member MSDN, sehingga link download Windows (XP, Vista, 7, 8, 8.1, hingga 10) ada disana. Detail SHA-1 selalu disediakan dibawah link downloadnya.

      Nah ketika aku pengen download dari sumber lain yang mungkin lbh cepet dari server official, maka hash dibawah link download tersebut yang aku jadikan perbandingan.

  • Agung Dedy

    tanya dong tiap kali update driver selalu ngikutin ya, awalnya di 10240 gak ada masalh uda update ke 10565 malah drivernya yang masalah dibeberapa aplikasi

    • berarti drivernya blm kompatibel sama yang 10565 mas, ditunggu aja finalnya Windows 10 Threshold 2 yang bakal dirilis awal november besok

  • nah! ini yang aku butuhkan :)

  • Whyu Wa

    sip nanti kita coba keaslianya

  • Zulmi Kurniawan

    Kalo game xbox gimana yaak? Ini forum windows jg kan? Rgh user

    • wah sayangnya aku blm punya Xbox ni, jd blm pernah cek jg..hehe

      • Zulmi Kurniawan

        Moga aja winpoin ada juga tutor2 tuk xbox. Hihi

  • Rizal Faisal Akbar

    nice info :D

  • Bhaka

    gue biasanya ngecek hash itu buat memastikan apakah filenya korup atau nggak???

  • Beni Setiawan

    Kalau Build insider non ISO released, tinggal cari file ESD nya dari web/user yg ngupload file ESD nya (file ex-dari WU) … Lebih aman juga … Masih di Encrypt by MS soalnya. Ukurannya juga lebih kecil… :D bisa irit kuota 1GB

    Kalau file ISO memang masih bisa kerubah RSA nya..

  • Christian Tian

    md5 sbnrnya blm cukup karena 2 file berbeda bisa juga md5 nya sama.
    selain cek md5 sumber download , review yang udah coba juga penting

  • Hasnan Rifki

    Syukur deh versi Windows yang saya download Asli walaupun engga nyomot dari website resminya