Home PC Cara Mengaktifkan Focus Assist di Windows 10

Cara Mengaktifkan Focus Assist di Windows 10

Cara Mengaktifkan Focus Assist di Windows 10 (1)

Focus Assist (yang sebelumnya adalah Quite Hours) adalah salah satu fitur yang berguna di Windows 10. Ketika fitur Focus Assist diaktifkan, maka semua notifikasi yang masuk akan masuk tanpa diketahui. Jadi fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang sedang melakukan pekerjaan yang penting dan tidak ingin adanya gangguan sama sekali, seperti pada saat melakukan presentasi, dsb.

Pada artikel kali ini, WinPoin akan memberikan kamu cara untuk mengaktifkan fitur Focus Assist di Windows 10 dengan melalui beberapa cara yang berbeda.

Baca tips Windows lainnya :

Mengaktifkan Focus Assist di Windows 10

Terdapat dua pilihan mode Focus Assist yang dapat kamu pilih, yakni

  • Set focus assist in alarm only : Dimana semua notifikasi yang masuk akan disembuyikan (tetap masuk, tetapi tidak akan diketahui), kecuali untuk alarm.
  • Set focus assist in priority only : Dimana hanya notifikasi yang masuk daftar prioritas saja yang dapat muncul. Kamu dapat melakukan konfigurasi mengenai hal ini lebih lanjut yang mana WinPoin akan menunjukan caranya.

Untuk mengaktifkanya, kamu dapat menggunakan cara cepat dibawah ini.

  1. Klik kanan pada icon Action Center pada Taskbar.
  2. Pilih opsi Focus Assist antara Set focus assist in alarm only atau Set focus assist in priority only.Cara Mengaktifkan Focus Assist di Windows 10 (2)
  3. Done, fitur Focus Assist sudah diaktifkan.

Ini merupakan cara tercepat untuk mengaktifkannya. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan cara kedua, yakni melalui Settings.

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke System – Focus Assist.
  3. Pilih opsi Focus Assist antara Set focus assist in alarm only atau Set focus assist in priority onlyCara Mengaktifkan Focus Assist di Windows 10 (3)
  4. Done.

Mengatur Notifikasi Prioritas

Untuk masuk ke pengaturan ini, kamu dapat klik pada opsi Customize your priority list pada Settings – System – Focus Assist.

Cara Mengaktifkan Focus Assist di Windows 10 (4)

Beberapa hal yang dapat kamu atur adalah:

  • Call, text, dan reminders.
  • People.
  • Apps.

Cara Mengaktifkan Focus Assist di Windows 10 (5)

Menyalakan Fitur Focus Assist secara Otomatis

Kamu bisa mengkonfigurasi agar fitur Focus Assist dapat menyala secara otomatis. Pengaturan ini dapat kamu temukan pada Settings – System – Focus Assist, pada bagian paling bawah.

Cara Mengaktifkan Focus Assist di Windows 10 (6)

Dimna kamu dapat mengaturnya agar aktif pada saat tertentu seperti:

  • Pada waktu tertentu, dimana kamu dapat mengatur jamnya sesuai keinginan.
  • Pada waktu ketika menggunakan mode layar duplikat (biasanya ini terjadi saat persentasi).
  • Pada waktu bermain game.
  • Pada waktu berada dirumah.

That’s it. Itu dia sedikit pembahasan mengenai fitur Focus Assist di Windows 10 serta cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

  Memindahkan Foto dari Smartphone ke Laptop, Tanpa Kabel!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.