Apakah kamu pengguna wajib Windows 10 yang memerlukan platform ini untuk bekerja, tapi sekaligus menggunakan platform ponsel lain untuk aktivitas harian kamu? Dengan hilangnya minat Microsoft untuk melanjutkan platform mobile-nya, maka mungkin sebagian besar pengguna perangkat desktop Microsoft memiliki kombinasi desktop Microsoft dan ponsel Android atau iOS. Nah, dengan menggunakan dua platform populer ini, seringkali mengoper data atau menyinkronkan layanan dengan perangkat desktop kamu agak susah. Nah, sebenarnya kamu dapat memanfaatkan tool dari Microsoft sendiri (khusus Windows 10), yaitu Phone Companion, untuk memudahkan kamu bertukar data dari ponsel ke desktop. Bagaimana cara menggunakannya?

Tentu saja terlebih dahulu kamu harus download Phone Companion di Microsoft Store. Jika kamu kesulitan menemukannya, kamu bisa klik link ini.

Ketika dibuka, kamu akan diarahkan untuk memilih platform ponsel yang kamu gunakan. Apakah iPhone atau Android. Pilih sesuai dengan platform pilihan kamu.

Halaman utama Phone Companion menampilkan semacam promo agar kamu juga download produk Microsoft lainnya yang Cross Platform, seperti Cortana, OneDrive, Groove, OneNote, Skype, Office, dan Outlook. Klik pada Show untuk memunculkan opsi pendukung transfer data.

Phone Companion memberikan dukungan untuk transfer file foto melalui dua skema, yaitu melalui Photos, yang tentu saja khusus untuk multimedia seperti foto dan video, serta juga melalui skema File Explorer yang memungkinkan kamu mengimpor jenis file lainnya.

Oya, jangan lupa untuk membuka perangkat kamu terlebih dahulu jika kamu menguncinya dengan passcode, fingerprint scanner, atau skema keamanan lainnya.

Nah, kamu dengan mudah dapat memindahkan foto dari perangkat kamu ke desktop Windows 10. Untuk sementara ini, skema Photos hanya memungkinkan kamu untuk mengimpor, dan sebaliknya kamu tidak dapat memasukkan foto ke perangkat kamu, kecuali melalui skema File Explorer.

Dengan memanfaatkan Phone Companion, maka meskipun berbeda platform, kamu bisa berinteraksi dengan ponsel kamu tanpa hambatan. Tentu saja ini akan sangat membantu jika kamu adalah pengguna Windows 10 dengan platform ponsel lain.

Punya tips lain dalam memanfaatkan Phone Companion? Tuangkan pendapat kamu di kolom komentar.

 

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.