Cara Mengetahui PC Kamu Terinfeksi Meltdown dan Spectre atau Tidak (1)

Setelah terjadi kekacauan beberapa kali akibat bug di patch Spectre yang mengakibatkan PC restart mendadak secara acak, akhirnya Intel sudah rilis patch Spectre final, yang mereka sebut sebagai Production Microcode Updates. Artinya di patch ini sudah dianggap bebas dari bug reboot yang sebelumnya sempat meresahkan pengguna. (Baca juga: Makin Banyak PC Sering Restart Setelah Install Patch Spectre dari Intel)

Sayangnya patch ini masih tersedia untuk Intel Skylake saja, sedangkan generasi prosesor Intel lain seperti Broadwell, Haswell, dsb bakal dirilis menyusul kemudian. Kemungkinan patch Spectre final untuk generasi prosesor Intel lain sedang dalam pengerjaan, dan Intel tak mau gegabah merilis patch buggy seperti sebelumnya. (Baca: Linus Torvalds — Patch Intel Itu Sampah!)

Patch Spectre Final ini dirilis Intel melalui OEM, jadi kamu bisa install dari update firmware yang dirilis oleh brand / pabrikan PC / motherboard yang kamu gunakan.

Intel menyarankan semua kalangan untuk segera menginstall patch Spectre ini untuk menghindari serangan eksploit. Tetapi tentu tidak semua OEM bakal langsung merilis update firmware ini, masing-masing OEM bakal memiliki waktu rilis yang berbeda-beda, karena mereka bakal menyesuaikan dulu dengan konfigurasi PC yang mereka produksi.

Dikombinasikan dengan patch Meltdown dan Spectre dari OS, patch Spectre dari Intel ini bisa mengamankan PC dari eksploit Meltdown dan Spectre. Bagi kamu yang belum tahu apakah PC kamu masih terkena dampak dari Meltdown dan Spectre atau tidak, kamu bisa cek dengan cara yang sudah WinPoin bagikan sebelumnya. (Baca: Cara Cek Meltdown dan Spectre, PC Kamu Sudah Kebal Belum?)

via intel

  iPhone Refurbished, Rekondisi, CPO..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.