Cara Menghentikan Aplikasi ‘Sampah’ Terinstall Otomatis di Windows 10

Hari ini Microsoft baru saja merilis Windows 10 Insider Build 17093 ke member Insider Fast Ring. Bagi kamu yang penasaran apa saja fitur baru di build ini, berikut ini ulasan lengkapnya: (Baca juga: Daftar Fitur Baru Windows 10 Spring Creators Update)

Peningkatan Game Bar

Game Bar kini diubah desainnya sehingga memudahkan mencari menu yang kamu perlukan. Selain itu ditambahkan juga jam untuk memudahkan mengetahui waktu saat ini, serta bisa memilih tema apakah Dark, Light, atau sesuai dengan tema Windows 10 yang kamu pilih.

Hapus Data Diagnostic

Sekarang kau juga bisa menghapus data diagnostic yang ditracking oleh Microsoft, langsung melalui Settings > Privacy > Diagnostics & feedback

Kalibrasi Video HDR

Sekarang kamu juga bisa melakukan kalibrasi video HDR melalui Settings > Apps > Video playback

Dual GPU Settings

Bagi kamu pengguna PC dengan dual GPU, sekarang ada settings built-in di Windows untuk mengatur aplikasi apa memakai GPU yang mana. Kamu bisa memilih GPU hemat energi (biasanya GPU internal) atau discrete GPU untuk yang performa tinggi.

Kalau kamu atur System, artinya Windows akan memilihkan GPU mana yang paling cocok untuk aplikasi / game yang kamu jalankan.

Login Tanpa Password di Windows 10 S

Windows 10 S memang dikabarkan bakal dimatikan, diganti dengan S Mode di semua versi Windows. Tetapi hal itu tidak menghentikan Microsoft untuk merilis fitur baru. Di Windows 10 S kamu sekarang bisa login tanpa password dengan menggunakan Authenticator App. Tapi dari pengalaman WinPoin, lebih mudah dan simple memakai password daripada Authenticator App.

Peningkatan Navigasi dengan Mata

Sejak di Windows 10 Fall Crators Update, Microsoft menanamkan eye control ke Windows yang mentracking lirikan mata untuk bernavigasi, dan di build kali ini ada banyak peningkatan yang ditambahkan.

Kini kamu bisa bernavigasi lebih mudah dengan menggunakan lirikan mata, kamu bisa scroll konten seperti website, email, dsb. Klik kanan dan klik kiri juga bisa kamu lakukan dengan lirikan mata. Kamu bahkan bisa pause tracking sehingga mengurangi tracking yang tidak diinginkan.

Eye control ini bisa kamu aktifkan melalui Settings  > Ease of Access  > Other options  > aktifkan Control your PC and type with an eye tracking device.

Tetapi tentu untuk menggunakannya kamu perlu punya perangkat tracker mata, misalnya saja Tobii Eye Tracker 4C ataupun Tobii EyeX.

Windows Defender jadi Windows Security

Di halaman Settings, Windows Defender ganti nama jadi Windows Security. Ditambahkan juga berbagai fitur dan pengaturan tambahan seputar keamanan Windows.

Konek Bluetooth dengan Sekali Klik

Mulai di build ini, kamu bisa terhubung ke perangkat Bluetooth hanya dengan sekali klik. Perangkat bluetooth yang sudah siap pairing bakal langsung ditampilkan di notifikasi Windows, dan kamu tinggal klik saja tombol Connect.

Sayangnya fitur ini hanya bisa di perangkat tertentu, dimulai dari Surface Precision Mouse, dan akan terus ditambah dari perangkat produksi partner Microsoft lainnya. Tetapi kedepannya mungkin berbagai aksesoris seperti mouse, speaker, dsb bakal mendukung fitur ini.

Peningkatan Edge

Seperti biasa, Edge tidak pernah absen dari daftar peningkatan di setiap build baru Windows 10. Kali ini Edge ketambahan beberapa fitur baru, tetapi yang paling bermanfaat adalah clutter free printing, ini adalah fitur baru yang memungkinkan kamu untuk mencetak halaman website tanpa menampilkan iklan dan komponen selain konten lainnya.

Perubahan di Setting Privasi

Untuk memudahkan pengaturan privasi, halaman settings privasi dirombak dengan beberapa pengelompokan kategori.

Peningkatan Linux di Windows

Seperti yang kamu tahu, Windows Subsystem for Linux (WSL) sudah lama ditanamkan Microsoft ke Windows 10. Dengan fitur ini kamu bisa menjalankan Bash Linux langsung dari dalam Windows 10. Kali ini WSL mendapatkan update yang membuat WSL lebih mudah dikonfigurasi dengan wsl.conf, handling file yang lebih baik via folder level case sensitivity, dsb.

Perbaikan Bug

Tentu di build ini ada puluhan perbaikan bug yang ditanamkan, dan bagi kamu member insider Fast Ring silakan download build baru ini langsung dari Windows Update.

Hanya saja ada permasalahan penting yang perlu kamu tahu, bahwa proses instalasi build ini bakal cukup lama, mentok di 88% sampai sekitar 90 menit. Jadi pastikan kalau kamu mengalami mentok instalasi, sabar dan tunggu saja sampai prosesnya selesai.

via microsoft

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.