Home PC Cara Mengganti Ukuran Thumbnail Preview Taskbar di Windows 10

Cara Mengganti Ukuran Thumbnail Preview Taskbar di Windows 10

Cara Mengganti Ukuran Thumbnail Preview Taskbar di Windows 10 (1)

Tentunya kamu tahu, ketika mengarahkan pointer mouse kearah icon aplikasi pada taskbar, tampilan aplikasi akan muncul dalam bentuk thumbnail preview. Microsoft sudah menanamkan fitur ini semenjak era Windows 7, dan fitur ini juga dibawa ke Windows 10.

Jika dirasa thumbnail tersebut kurang besar, kamu dapat melakukan sedikit tweak registy untuk mengubah ukurannya. Berikut WinPoin berikan langkah-langkahnya.

Baca tips Windows lainnya :

Mengganti Ukuran Thumbnail Preview Taskbar di Windows 10

  1. Buka Windows Run (WinKey + R), kemudian ketikan Regedit untuk membuka Registry Editor.Cara Mengganti Ukuran Thumbnail Preview Taskbar di Windows 10 (1)
  2. Navigasi ke HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Taskband.
  3. Pada panel kanan, klik kanan lalu pilih New – DWORD (32-bit) Value dan beri nama MinThumbSizePx.Cara Mengganti Ukuran Thumbnail Preview Taskbar di Windows 10 (3)
  4. Kemudian klik 2x pada key baru tersebut, lalu masukan value yang diinginkan. Nilai yang dimasukan adalah angka dalam ukuran piksel. Misalnya saja disini WinPoin memasukan angka 500. Jika sudah klik OK untuk menyimpan konfigurasi.Cara Mengganti Ukuran Thumbnail Preview Taskbar di Windows 10 (4)
  5. Restart PC atau File Explorer untuk mendapatkan perubahannya.

Berikut hasilnya (sebelum dan sesudah) melalukuan tweak.

Sebelum : Cara Mengganti Ukuran Thumbnail Preview Taskbar di Windows 10 (5)

Sesudah :Cara Mengganti Ukuran Thumbnail Preview Taskbar di Windows 10 (6)

Tentunya kamu dapat mengganti ukurannya sesuai dengan keinginan. Jika ada yang ingin ditanyakan, kamu dapat menyampaikannya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

  Memindahkan Foto dari Smartphone ke Laptop, Tanpa Kabel!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.