Baru-baru ini Google Chrome menerima fitur baru dimana browser dapat membuat caption secara langsung dari video ataupun audio yang sedang berjalan dimana sebenarnya awalnya fitur ini hanya eksklusif tersedia pada perangkat Google Pixel.

Namun saat ini fitur tersebut tersedia untuk semua platform yang menggunakan browser Google Chrome seperti Windows, Mac, Linux, dan Chrome OS.

Tetapi hingga artikel ini ditulis, fitur Live Captions ini masih tersembunyi dan perlu kamu aktifkan secara manual melalui Flag. Serta masih terbatas pada Chrome Canary.

Baca juga tutorial Chrome lainnya:

Mengaktifkan Live Captions untuk Video dan Audio di Google Chrome

  1. Buka Chrome Canary.
  2. Masukan chrome://flags/#enable-accessibility-live-captions pada kolom URL.
  3. Buka menu drop down dan pilih Enabled dan muat ulang browser dengan pilih opsi Relaunch pada bagian bawah.
  4. Masukan chrome://settings/accessibility pada kolom URL.
  5. Swipe ke kanan (on) pada menu Live caption.
  6. Done.

Setelah proses selesai, kamu bisa membuka website seperti YouTube dan coba menjalankan sebuah video. Otomatis Chrome akan membuat caption terhadap video tersebut secara langsung.

Setelah melakukan beberapa uji coba terhadap beberapa video. Bisa disimpulkan fitur ini hanya dapat bekerja dengan baik pada dialog bahasa Inggris, serta pada video yang tidak diiringi musik. Mungkin masih bisa untuk lagu dengan pengucapan yang pelan dan jelas, tetapi jika pengucapannya cepat seperti genre Hip Hop, maka mungkinan fitur Live Capture tidak akan bekerja dengan baik.

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.