Beberapa hari yang lalu, saya mengalami sebuah masalah kecil yang unik. Surface yang saya gunakan tidak mau berubah ke portrait mode seperti biasa, padahal sudah saya miringkan ke posisi vertikal bolak-balik dari horizontal. Setelah bersusah payah beberapa lama, akhirnya tampilan UI mau berubah ke portrait. Ternyata ini bukan masalah saya seorang diri. Banyak yang mengeluhkan terkadang tablet Windows tidak mau berubah orientasi, baik dari portrait ke landscape, atau sebaliknya.

Ini ternyata merupakan bug yang kadang terjadi pada tablet atau PC yang mendukung touchscreen saat menjalankan fungsi auto-rotation. Bug tersebut muncul karena perubahan kode saat upgrade Windows. Upgrade ke build lain terkadang ‘merusak’ fungsi auto-rotation pada tablet Windows. Berikut ini cara memperbaiki fitur auto-rotation pada tablet Windows kalau kamu mengalaminya:

  1. Buka Registry Editor dengan mengetikkan Regedit di bilah pencarian
  2. Copy dan paste path berikut ini ke address bar atau kamu bisa menelusuri direktori satu per satu sehingga sampai ke lokasi berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\AutoRotation
  3. Periksa nilai-nilai berikut apakah sudah tepat seperti yang tercantum:
    1. Enable: 1
    2. LastOrientation: 0
    3. SensorPresent: 1
    4. SlateEnable: 1

Jika ada nilai fungsi yang tidak tepat, kamu bisa mengubahnya secara manual dengan mengklik dua kali pada key di Registry tersebut. PIlih Create New DWORD, lalu menetapkan nama dan nilai seperti yang dicantumkan di atas. Setelah itu kamu coba restart perangkat kamu, dan cek ulang untuk memastikan apakah nilai sudah seperti yang seharusnya.


Cara ini memungkinkan kamu memperbaiki error pada autorotation yang mencegah perangkat kamu berubah orientasi menyesuaikan dengan posisi landscape atau portrait.

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.