Cara Mengatasi Masalah VPN di Windows 11 Insider Dev Build 25284

Seperti yang telah kita tahu, Microsoft Rilis Windows 11 Insider Dev Build 25284 dimana ada sejumlah perbaikan dan fitur baru mencakup widget baru di versi tersebut, namun selain itu, ada satu known issues yang cukup membuat para insider kerepotan, apalagi jika insider tersebut mengandalkan jaringan VPN.

Yap, dalam changelog resminya, Microsoft telah mengkonfirmasi masalah VPN ini, dimana pengguna mungkin akan mendapati masalah koneksi jika mencoba browsing atau mengakses apapun dengan akses VPN di Windows 11 Insider Dev Build 25284.

Namun kebetulan, dalam halaman forum Microsoft, ada langkah perbaikan sementara yang bisa pengguna lakukan jika seandainya pengguna mendapati masalah tersebut loh, dan berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Edit group policy.

Langkah 2. Kemudian silahkan kamu navigasi ke Computer Configuration > Administrative Templates > Network > DNS Client.

Langkah 3. Cari Configure NetBIOS settings kemudian kamu edit konfigurasinya menjadi Enabled.

Kemudian pada bagian Configure NetBIOS settings, silahkan kamu ubah menjadi Allow NetBIOS name resolution dan kemudian klik OK.

Langkah 4. Selanjutnya cari Turn off multicast name resolution, kemudian kamu ubah pengaturannya menjadi Disabled dan Klik OK kembali.

Jika sudah selesai silahkan tutup Edit group policy nya dan silahkan restart Windows 11 kamu. Dengan langkah diatas, diklaim masalah bisa teratasi, namun tentu ada baiknya kita menunggu perbaikan resmi dari Microsoft yang mungkin akan segera dirilis via Known Issues Rollback atau dirilis di update build baru minggu depan.

Silahkan dicoba guys, semoga kamu terhindar dari bug ini, oh iya jika kamu tidak menggunakan VPN, maka tentu kamu harusnya aman aman saja.

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation