Windows 10, dibeberapa perangkat tempat saya bekerja hampir semuanya sudah menggunakan Windows 10, meski memang OS ini lebih modern dan menjadi standar dari hampir semua unit pekerjaan dikantor saya, namun OS ini nyatanya paling banyak mendapatkan keluhan, dan salah satunya adalah “Not Responding” lambat dan mengesalkan.

Ada banyak sekali artikel yang menjelaskan mengenai cara mengatasi Winodws 10 Not Responding, mulai dari menjalankan Scanning Virus, Restart komputer, hapus file Temporary, Hapus Update terakhir dan banyak lainnya. Memang ada benarnya sih, namun dalam kasus yang sering terjadi kita jangan sampai lupa mengecek beberapa hal ini, (CPU Usage, RAM Usage dan HDD Usage).

Biasanya saya menggunkan Task Manager untuk mendeteksi bagian mana yang bermasalah, apakah itu CPU Usage yang berat, RAM Usage yang tinggi, dan HDD Usage yang kelebihan beban, dan berikut adalah metode dan cara mengatasinya (ala saya tentunya).

CPU Usage Tinggi

Jika CPU Usage berada dalam status 100%, kipas komputer pun terasa panas dan berputar cepat, silahkan kamu buka Task manager > klik pada Tab processes, silahkan kamu lihat aplikasi apa yang memakan banyak CPU Usage tersebut.

Jika sudah ketemu dan ternyata proses tersebut adalah proses yang merupakan bagian dari pekerjaan kamu (misalkan rendering dan lain lain) maka kamu cukup tunggu saja hingga pekerjaan yang memakan CPU Usage tersebut selesai, namun jika itu adalah ulah dari program jahat (malware misalnya), kamu bisa End Task aplikasi tersebut dan hapus segera dari halaman Settings > App.

Biasanya, dalam kasus yang sering saya temui, langkah diatas sudah berhasil mengatasi masalah, namun jika jika seandainya setelah menghapus aplikasi tersebut masalah masih terjadi, ada baiknya kamu scan Windows 10 kamu dengan antivirus paling kamu percaya, misalkan Kaspersky atau BitDefender.

Apakah ada solusi terakhir jika masalah masih ada, tentu kita gunakan cara cepat, Clean install Windows 10 kamu melalui file ISO yang kamu download dari Media Creations Tools.

Baca : Cara Download File ISO Windows 10 21H1 Resmi Dari Microsoft

Jika RAM Usage Yang Tinggi

Sama halnya dengan CPU Usage yang tinggi, semakin tinggi RAM Usage, tentunya akan berpengaruh besar pada performa, pada Task manager > Tab processes, silahkan lihat aplikasi apa yang memakan banyak RAM Usage, apakah itu Google Chrome, atau aplikasi lainnya.

Solusi terbaik untuk masalah ini adalah jika seandainya masalah masih berlangsung bahkan ketika kamu merasa tidak ada malware yang terinstall di Windows 10 kamu dan pemakaian yang mengakibatkan RAM Usage tinggi adalah penggunaan normal, kamu tentunya direkomendasikan untuk melakukan upgrade RAM, untuk Windows 10, setidaknya kamu harus menggunakan 4 GB RAM untuk keperluan office harian.

Rekomendasi saya sih gunakan setidaknya 8 GB RAM untuk kenyamanan jangka panjang.

HDD Usage Tinggi

Tidak dipungkiri, masalah yang biasa terjadi di Windows 10 adalah Disk Usage 100%, entah karena Windows Update yang sedang berjalan, adanya Scanning virus dari Microsoft Defender, atau ada hal lain yang membuat Disk berjalan sangat berat.

Solusi untuk masalah ini, silahkan kamu matikan aplikasi yang tidak perlu (dari Startup Program, Services dan lain lain), jika dimungkinkan, matikan juga Microsoft Defender dan Windows Update (meski tidak saya rekomendasikan.

Solusi lainnya, silahkan kamu gunakan versi Windows 10 yang tidak berat, misalkan Windows 10 LTSB 2016 atau LTSC 2019 yang sudah saya rasakan sendiri lebih ringan dibandingkan versi Windows 10 Home dan Pro (semi annual channel).

Solusi terbaik untuk mengatasi Disk Usage 100% tentu saja adalah Upgrade SSD, gunakanlah SSD minimal untuk penyimpanan system Windows 10 kamu, tidak perlu terlalu besar, asalkan itu cukup untuk OS dan aplikasi yang biasanya kamu gunakan sehari hari.

Nah, itulah beberapa penyebab masalah Windows 10 Not Responding dan cara mengatasinya (versi saya), semuanya dari daftar diatas adalah masalah yang paling umum, meski memang ada masalah lain yang lebih kompleks misalkan adanya system yang corrupt, driver yang rusak, windows update yang lama dan gagal, dan masih banyak lagi namun tiga hal diatas adalah poin utama dari masalah Windows 10 Not Responding.

Versi diatas adalah versi saya ya, dan itu berdasarkan pengalaman saya juga, jika kamu memiliki versi lain, jangan sungkan untuk berikan pendapat dan komentarmu pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.